Selasa, 07 Juni 2011

EDUKASIA BAGIMU GURU

UNTUK GURU INDONESIA 
KAMI HADIRKAN http://1000guru.net/


Bagi Anda yang baru bergabung dengan 1000guru  mungkin bertanya-tanya, sebenarnya gerakan ini untuk apa dan apa saja kegiatannya? OK, penjelasan untuk pertanyaan-pertanyaan seperti ini sudah ada di website kami, http://1000guru.net/, tetapi untuk menekankan beberapa poin penting dari kegiatan 1000guru, maka rekan-rekan bisa membaca uraian singkat ini.

Ada 3 kegiatan utama yang kami jalankan saat ini.

(1) Kuliah jarak jauh (telekonferensi) maupun kuliah "darat"

Telekonferensi ini pada awalnya merupakan "produk" utama 1000guru. Kami berusaha menghubungkan sekolah-sekolah di Indonesia yang tertarik untuk mendapat pengetahuan secara langsung dari para peneliti Indonesia yang bekerja di luar negeri (maupun di Indonesia) yang tidak bisa diperoleh dengan mendatangkan mereka ke sekolahnya. Dari sinilah pondasi awal filosofi 1000guru bahwa setiap orang bisa menjadi guru di manapun dia berada. Telekonferensi kemudian dipilih sebagai metode untuk memfasilitasi keterhubungan antara suatu sekolah dengan seorang "guru relawan" yang bersedia menyampaikan materi terkait penelitian yang sedang dijalaninya ataupun materi-materi lain yang dikuasainya. Alhamdulillah saat ini 1000guru memiliki jaringan "guru relawan" yang cukup besar mencakup berbagai bidang ilmu, sehingga jika sekolah Anda berminat untuk menyelenggarakan telekonferensi, maka cukup mengajukan permintaan materi apa yang ingin dibahas.

Permintaan telekonferensi bisa dilakukan melalui milis 1000guru (1000guru[at]yahoogroups.com) maupun grup FB  ini. Teknisnya cukup sederhana, asalkan ada internet, sekolah dan guru relawan bisa langsung terhubung. Silakan simak detailnya di sini: http://1000guru.net/htmls/Teknis-Sarana.html. Sementara untuk profil beberapa guru relawan, kami cantumkan di tautan berikut:http://1000guru.net/htmls/grel_front.php. Berhubung semakin banyaknya guru relawan yang bergabung dengan kami, daftar tersebut masih jauh dari lengkap. Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan memiliki website baru dan daftar guru relawan akan dilengkapi. Selain itu melalui milis 1000guru dan grup FB ini kami coba promosikan setiap guru relawan yang bersedia untuk berbagi ilmunya.

Selanjutnya, tidak sedikit pula ada guru relawan kami yang saat ini bekerja di Indonesia memungkinkan untuk datang ke sekolah Anda dan berbagi pengetahuannya melalui jalan "darat" alias tatap muka langsung secara nyata, tidak dengan cara telekonferensi yang bersifat maya. Permintaan kuliah "darat" ini pun dapat diajukan melalui milis 1000guru maupun grup FB ini.

(2) Majalah 1000guru

Salah satu motivasi adanya majalah 1000guru ini adalah untuk menyediakan wadah bagi para profesional dari berbagai bidang ilmu untuk bercerita secara langsung tantangan-tanganan menarik yang mereka hadapi setiap harinya ke adik-adik pelajar sekolah menengah. Selain itu majalah inipun berfungsi sebagai "hiburan" dengan memberikan beberapa bahasan yang jarang tersentuh pelajaran sekolah.  Dengan demikian, kami berharap bisa membantu adik-adik pelajar untuk merumuskan cita-cita mereka sejak dini dan memotivasi mereka untuk belajar bidang-bidang tertentu secara lebih tekun.

Siapapun yang memiliki kapabilitas ilmu tertentu bisa menyumbangkan tulisannya ke majalah 1000guru. Kami sebisa mungkin menyusun majalah ini dengan gaya bahasa yang populer namun tetap ilmiah. Pada awalnya majalah 1000guru terbit setiap dua pekan sekali, tetapi saat ini majalah 1000guru direncanakan terbit sebulan sekali untuk meningkatkan keterbacaan setiap edisinya dan memberikan waktu yang cukup untuk melakukan promosi. Rekan-rekan dapat mengunduh majalah 1000guru dari tautan berikut: http://1000guru.net/htmls/UnduhMajalah.html

Kami sangat mengharapkan bantuan rekan-rekan, khususnya guru SMA 1000guru, untuk menyebarkan tautan majalah ini melalui milis siswa, milis SMA, maupun menautkan majalah tersebut pada alamat website sekolah. Silakan juga untuk mencetak dan membagikannya secara gratis kepada siswa-siswa di sekolah masing-masing, misalnya dengan membuatkan satu kopi di perpustakaan sekolah ataupun media lain seperti majalah dinding dan jaringan sosial seperti twitter, facebook, dan yang lainnya.

(3) Video pendidikan

Salah satu program gerakan 1000guru lainnya yang sedang dirintis adalah membuat perpustakaan elektronik yang berisi kumpulan rekaman audio visual (video) kuliah oleh para guru relawan untuk anak-anak level sekolah dasar-menengah. Sebagai perbandingan, untuk kuliah level mahasiswa ada MIT World yang bisa dilihat disini:http://mitworld.mit.edu/ (atau di http://jp.youtube.com/user/mit?ob=4). Belakangan kita juga mengetahui seorang edukator handal yang membuat banyak sekali video pendidikan dasar dengan gaya santai dan renyah, yaitu Salman Khan dihttp://www.khanacademy.org/.

Selain untuk koleksi perpustakaan, kumpulan video perkuliahan ini rencananya ingin kita bagi ke daerah-daerah yang kekurangan guru dan belum terjangkau oleh internet, yang tidak terjangkau oleh program kuliah jarak jauh (telekonferensi) 1000guru. Kegiatan ini memang masih belum sepenuhnya bisa kami jalankan secara optimal, tetapi ke depannya kami mencoba untuk bisa konsisten menghasilkan beberapa video presentasi materi-materi seru dari guru relawan kami. Contoh video pendidikan yang kami buat bisa dilihat dari tautan berikut: http://1000guru.net/htmls/VidPendidikan/VP-WWL-Hidrogen.html

***

Demikianlah uraian singkat ini (tapi ternyata panjang juga ya :D) mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diperoleh bersama. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari rekan-rekan semuanya. Semoga dengan adanya gerakan 1000guru ini bisa sedikit gairah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan selalu berbagi pengetahuan yang kita punya sekecil apapun. Selamat Bergabung bersama 1000 guru yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar