BIMBEL IPA

BIOLOGI SMA
Kelas / Program : X (SEPULUH) IPA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2. Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3. Kerjakanlah soal dengan mengubah teks jawaban menjadi BOLD
4. Kirimkan pekerjaanmu ke email : suprihationo@gmail.com




SOAL :
1.      Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan suatu kesatuan yang saling berinteraksi, disebut .....
a.       komunites
b.      habitat
c.       populasi
d.      ekosistem
e.       biomassa
2.      Berikut ini adalah faktor‑faktor lingkungan
1)      Salinitas
2)      PH
3)      Predator
4)      Topografi
5)      Detritivor
6)      Decomposer
Yang termasuk kedalam faktor biotik adalah....
a.       1 – 2 ‑ 4
b.      2 – 5 ‑ 6
c.       4 – 5 ‑ 6
d.      2 – 3 ‑ 5
e.       3 – 5 ‑ 6
3.      Semua macam spesies yang terdapat dalam suatu habitat disebut...
a.       populasi
b.      komunitas
c.       ekosistem
d.      bioster
e.       bioma
4.      Di bawah ini adalah macam‑macam bioma
1)      Hutan hujan tropis
2)      Taiga
3)      Gurun
4)      Padang rumput
5)      Tundra
6)      Hutan gugur
Urutan bioma mulai dari katulistiwa menuju kutub adalah...
a.       1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b.      2 – 3 – 4 – 1 – 6 – 5
c.       4 – 3 – 1 – 2 - 5 – 6
d.      1 – 4 – 3 – 5 – 6 – 2
e.       3 – 4 – 1 – 6 – 2 – 5
5.      Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :
1)      Hewan karnivora
2)      Bakterj pengurai
3)      Plankton
4)      Zat organic
5)      Herbivora
Dan komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut :
a.       4 – 2 – 3 – 5 – 1
b.      5 – 3 – 1 – 2 – 4
c.       5 – 2 – 1 – 4 – 3
d.      4 – 3 – 5 – 1 – 2
e.       4 – 5 – 1 – 2 – 3
6.      Dari suatu ekosistem kolam, terdapat sejenis Alga yang berwarna biru, menempel pada batu, bersel satu, klorofilnya tersebar. Berdasarkan ciri‑cirinya, Alga tersebut berperan sebagai ....
a.       konsumen I .
b.      konsumen II
c.       pupuk dalam air
d.      tumbuhan perintis
e.       perlindungan organisme lain
7.      Pada sebidang ladang terdapat komponen‑komponen sebagai berikut :
                                           I.            Tanaman jagung
                                        II.            Burung kecil
                                     III.            Ulat
                                     IV.            Tikus
                                        V.            Ayam
                                     VI.            Ular
Komponen‑komponen ini akan merupakan kehidupan saling ketergantungan bila tersusun dalam rantai makanah, yakni ......
a.       I – II – III – IV – V
b.      I – III – V – IV
c.       I – III – II – IV – VI
d.      I – II – IV – V
e.       I – IV – VI
8.      Hubungan antara nyamuk dan cecak termasuk hubungan .....
a.       mutualisme
b.      antiblosis
c.       preclasi
d.      komensalisme
e.       kompetisi
9.      Dalam hal manakah manusia hidupnya tergantung pada tumbuhan?
a.       sumber mineral
b.      menceqah polusi
c.       sumber O2
d.      sumber industry
e.       pengikat CO2
10.  Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi tersebut yang satu memperoleh keuntungan dan yang satu mengalami kerugian dinamakan ....
a.       mutualisme
b.      kompetisi
c.       parasitisme.
d.      komensalisme
e.       predasi
11.  Dalam ekosistem air, terdapat interaksi antara hiu dan ikan remora yang dikenal dengan tipe komensalisme, yaitu ....
a.       hiu dan remora saling menguntungkan
b.      remora mendapatkan keuntungan dan hiu tidak dirugikan
c.       hiu sebagai pemakan remora yang bertubuh kecil
d.      torjadi perebutan makanan antara hiu dan remora
e.       remora memperoleh makanan dari dalam tubuh hiu
12.  Suatu tipe interaksi, yang mana dari interaksi tersebut kedua spesies memperoleh keuntungan dinamakan ....
a.       mutualisme
b.      kompetisi
c.       parasitisme.
d.      komerisalisme
e.       predasi
13.  Peranan dekomposer bagi kesuburan tanah ialah ....
a.       mengikat N2 dari tanah dan udara
b.      mengurai zat organic menjadi anorganik
c.       mengikat N2 dan merubahnya menjadi N dalam senyawa anorganik
d.      mengikat N menjadi zat anorganik
e.       mengurai zat organic menjadi N dalam senyawa anorganik
14.  Pembasmian burung‑burung pengganggu pertanian ternyata menimbulkan masalah baru bagi petani, karena ....
a.       hilangnya kicau burung yang merdu
b.      berkurang pupuk dari kotoran burung
c.       populasi ulat pengganggu meningkat
d.      sumber protein hewani berkurang
e.       produksi menurun karena penyerbukan kurang.
15.  Permukaan danau yang tertutup oleh eceng gondok akan menyebabkan biota yang dibawahnya tidak dapat hidup, karena .......
a.       penetrasi cahaya matahari ke dalam air kurang
b.      kandunganCO2 di dalam air berkurang
c.       kandungan O2 dalam air banyak
d.      kandungan CO2 di dalam air sedikit
e.       kandungan O2 dalam pir kurang

16.  Berikut ini adalah perubahan lingkungan akibat campur tangah manusia, kecuali .....
a.       menangkap ikan dengan pukat harimau
b.      penebangan pohon secara liar
c.       kemarau panjang yang mengakibatkan kebakaran
d.      pengeringan rawa‑rawa untuk lahan pertanian
e.       mendirikan industri
17.  Penebangan hutan yang tidak terencana dengan tepat menyebabkan makhluk hidup menderita sebab ....
a.       kayu untuk bahan bangunan akan berkurang
b.      makhluk hidup sangat tergantung kepada hutan
c.       saat hujan turun, air tak dapat menahan lapisan tanah
d.      sumber devisa bagi Negara akan berkurang
e.       semua hewan/tumbuhan langka akan musnah
18.  Pembuangan sampah organik kedalam bahan‑bahan yang seperti sungai atau danau dapat mengakibatkan pertumbuhan alga tak terkendali (blooming). HaL ini disebabkan penumpukan mineral yang disebut .....
a.       nitrifiakasi
b.      desimilasi
c.       mineralisasi
d.      eutrofikasi
e.       amonifikasi
19.  Piramida di‑samping merupakan ….
a.       piramida jumlah
b.      piramida energi
c.       piramida, blomassa
d.      piramida berat
e.       piramida ekologi
20.  Dalam suatu piramida ekologi, kedudukan paling bawah ditempati oleh ….
a.       karnivora
b.      produsen
c.       omnivore
d.      konsumen
e.       herbivore
21.  Ekosistem alami dapat mengalami kerusak,an dan membentuk ekosistem suksesi primer. Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah ….
a.       penebangan habis hutan
b.      timbunan dan lahar gunung berapi
c.       pembakaran hutan berulang-ulang
d.      penebangan dan pembakaran hutan
e.       perladangan berpindah-pindah
22.  Peruhahan lingkungan dapat terjadi karena perbuatan manusia, seperti yang terjadi di Pantai Kampung Laut Cilacap dengan membabat hutan bakau untuk tambak ikan. Sebagai akibat pembabatan hutan bakau adalah …..
a.       populasi ikan besar meningkat karena arealnya lebih luas
b.      populasi ikan besar menurun, karena kehilangan tempat berteduh
c.       populasi udang besar meningkat, karena leblh leluasa mencari tempat tinggal
d.      populasi udang kecil menurun, karena tidak bisa mencari makanan yang menempel pada akar bakau
e.       penduduk Kampung Laut Cilacap secara m.endadak terserang wabah muntaber
23.  Gas CFC masuk ke stratosfir dan merusak lapisan ozon yang berfungsi sebagai penyaring radiasi ultraviolet dari cahaya matahari. Jika intensitas radiasi ultraviolet bertambah, Maka dapat menyebabkan ....
a.       kanker kulit
b.      penyakit pernapasan
c.       logam muclah berkarat
d.      kerusakan hb
e.       kenaikan suhu
24.  Efek rumah kaca merupakan masalah lingkungan yang berbahaya karena dapat menaikan …
a.       kadar C02 atmosfer
b.      kadar bahan pencemaran
c.       kadar partikel udara
d.      suhu lingkungan
e.       kelembaban udara
25.  Aktivitas manusia ygng dapat menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan adalah...
a.       lading berpindah dan pertanian monokultur.
b.      portanian organik dan hidroponik
c.       kultur jaringan dan radiasi induksi
d.      rotasi tanaman dan pembakaran hutan
e.       menjaring ikan dengan sistem pukat harimau
26.  Dalarn ekosistem air tawar terjadi pencemaran DDT, maka urutan kandungan DDT. dari yang terkecil sampai yang terbesar adalah .....
a.       fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan kecil ‑ ikan besar
b.      zooplankton ‑ fitoplankton ‑ ikan kecil - ikan besar
c.       ikan kecil ‑ fitoplankton ‑ zooplankton ‑ ikan, besar
d.      d . ikan kecil ‑ ikan beser – zooplankton - fitoplankton
e.       e. ikan besar – ikan kecil – zooplankton - fitoplankton
27.  Contoh penerapan yang benar dalam kehidupan seharl‑hari menurut prinsip etika lingkungan manusia sebagai bagian dari lingkungan adalah.....
a.       menghemat penggunaan bahan baker
b.      mengolah sumber daya alam semaksimal mungkin
c.       memelihara burung peliharaan dalam sangkar yang indah
d.      mengolah.limbah sebelum dibuang ke lingkungan
e.       menghemat penggunaan air minum dan listrik di rumah
28.  Dewasa ini banyak dijumpai tanah kritis, karena banyak menebang kayu sccara liar untuk perluasan areal pertanian. Oleh karena itu pemerintah mengadakan peraturan tentang penebangan kayu. Yang boleh ditebang hanya pohon‑pohon yang mempunyai ketinggian tertentu. Tujuannya adalah agar ....
a.       kayu yang ditebang cukup umur
b.      melindungi butan
c.       mendapatkan kayu yang berukuran sama
d.      tinggi kayu di hutan dapat rata
e.       penebang kayu puas dengan kayu‑kayu yang ditebangnya.
29.  Penggunaan DDT yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran air atau tanah. Berikut ini merupakan sifat DDT dalem pencemaran, Kecuali...
a.       sukar diuraikan
b.      larut dalam lemak
c.       dapat merusak jaringan tubuh
d.      tidak dapat masuk pada plankton­
e.       dapat pindah ke dalam tubuh organisme lain
30.  Suatu zat atau benda dikatakan polutan apabila ......
a.       jumlahnya melebihi normal dan berada pada waktu yang tidak tepat
b.      berada pada tempat yang tidak semestinya
c.       jumlahnya melebihi normal, berada pada waktu yang tidak tepat, dan berada pada tempat yang tidak semestinya
d.      jumlahnya melebihi normal
e.       berada pada tempat yang tidak semestinya, jumlahnya kurang dari normal
31.  Dibawah ini terdapat macam‑macam bahan :
1.      CFC
2.      uap air hasil pembakaran
3.      SO2
4.      kulit pisang yang dibuang di jalan raya
5.      pembusukan daun yang gugur
6.      Kaleng kosong yang dibuang di tempat terpencil
32.  Bahan yang menyebabkan polusi ......
a.       1 – 2 – 3
b.      1 – 3 – 6
c.       4 – 5 – 6
d.      1 – 3 – 5
e.       2 – 4 – 5
33.  Tragedi Minamata di Jepang disebabkan pencemaran logam berat....
a.       Pb
b.      CN
c.       Zn
d.      Hg
e.       Cu
34.  Jika suatu kawasan telah mengalami polusi udara yang parah maka pada kawasan tersebut tidak akan dijumpai ......
a.       alga
b.      paku‑pakuan
c.       bakteri
d.      lichenes
e.       rumput
35.  Polusi air dapat diidentifikasi dengan cara sebagai berikut, kecuali ….
a.       mengukur populasi bakteri
b.      menguji kahdungan oksigen
c.       menguji kecepatan allran sungai
d.      menguji kandungen bahan organik
e.       menguji tingkat kekeruhan air
36.  Tujuan penghijauan yang dilakukan di kota‑kota besar adalah .....
a.       mempertinggi suhu udara
b.      mempertinggi kadar oksigen di udara
c.       mempertinggi kadar CO2 di udara
d.      mempertinggi penghasilan penduduk
e.       mempertinggi kadar kelembaban udara
37.  Sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Untuk memperkecil kadar polusinya dapat dilakukan dengan cara.....
a.       menghindari produksi bahan jadi dari bahan baku plastik
b.      sampah plastik didaur ulang
c.       melarang masyarakat menggunakan plastik
d.      mengumpulkan sampah plastik dan ditempatkan di lokasi yang aman
e.       membakar sampah, plastik
38.  Salah satu cara yanq termasuk perlindungan terhadap margasatwa langka adalah ....
a.       mengadakan perburuan hewan langka di hutan
b.      meningkatkan pendapatan penduduk setempat
c.       memberikan penyuluhan kepada masyarakat
d.      memelihara hewan piaraan di rumah
e.       mengadakan lomba kicau burung
39.  Salah satu cara penanggulangan pencemaran air yang merupakan dampak kemajuan IPTEK adalah....
a.       membatasi penggunaan bahan‑bahan kimla
b.      mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
c.       menutup industri‑industri bahan kimia
d.      memberi sanksi kepada pengusaha industri
e.       membuang limbah sedikit demi sedikit
40.  Perhatikanlah tindakan di bawah ini :
a.       Perlengkapan di hutan
b.      Tebang pilih
c.       Reboisasi
d.      Pembatasan penebang
e.       Mengekspor kayu glondongan




BIOLOGI SMA
Kelas / Program : XI (Sebelas) IPA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2. Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3. Kerjakanlah soal dengan mengubah teks jawaban menjadi BOLD
4. Kirimkan pekerjaanmu ke email : suprihationo@gmail.com


1.      Yang berfungsi sebagai termo regulator adalah …
a.       tubulus seminiferus
b.      skrotum
c.       ductus afferens
d.      uretra
e.       epididimis
2.      Pada spermatogenesis, sel yang bersifat diploid adalah…
a.       Sperma
b.      Spermatozoa
c.       Spermatosit primer
d.      Spermatosit sekunder
e.       Spermatid
3.      Sel awal dari proses spermatogenesis yang terjadi pada testis adalah…
a.       spermatogonium
b.      1 sel spermatozoid fungsional
c.       4 sel spermatozoid fungsional
d.      Gamet dengan kromosom poliploid
e.       4 sel spermatozoa yang diploid
4.      Dalam proses spermatogenesis, meiosis I terjasi pada peristiwa…
a.       Spermatogonium menjadi spermatosit primer
b.      Spermatosit primer menjadi spermatosit sekunder
c.       Spermatosit sekunder menjadi spermatid
d.      Spermatid menjadi sperma
e.       Spermatogonium menjadi sperma
5.      Pada proses spermatogenesis terbentuk 4 sel haploid yang belum berekor disebut…
a.       Spermatogonium
b.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4rPLAHkqtYOvdywkuEclTk7r0QVR4u3CCGARuixN8q7gUHdSaEnA7_VBpfe0PlZANma5d1f4yl8fjp8mLWWtZkQNmGqGfQosbnjP8lEzWZu2poHHQnrJN_nN9_zoLRYDeo5JvVj9FOjOu/s400/6+TESTES.bmpSpermatosid primer
c.       Spermatid
d.      Spermatosit sekunder
e.       Spermatozoa
6.      Dari gambar organ disamping yang bernomor 13 berfungsi untuk…
a. Mengalirkan sperma ke uretra
b. Memproduksi sperma saja
c. Memproduksi sperma dan hormon
d. Memproduksi hormon dan enzim
e. Menyebabkan terjadinya ereksi
7.      Pada kepala sperma terdapat enzim yang dapat menembus ovum, yaitu …
a.       Proteinase dan hialuronidase
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBgXe_T6rA_oRiJEgjq6xOU8hUZHT08cTECoRT1PMs-qaEpWSdNGiD25J-M1ujX1pOres61JGUZo083Nm76Uq9fheCXHvaMqkOW6FJGKBPh3_Zh4uCGlecH-A66MUiwCigpz5IUS6JBI1f/s1600/oogenesis+ye.jpgb.      Air seni dan sperma
c.       Sperma dan testosteron
d.      Enzim dan air seni
e.       Hormon dan enzim
8.      Pada proses oogenesis diawali oleh …
a.       satu polosit
b.      dua polosit
c.       tiga polosit
d.      dua oogonium
e.       satu oogonium
9.      Nani mengalami menstruasi hari pertama tanggal 2 Maret. Maka ia akan mengalami ovulasi tanggal…
a.       2 Maret tahun yang sama
b.      15 Februari tahun yang sama
c.       15 Maret tahun yang sama
d.      25 Januari bulan sebelumnya
e.       7 Februari tahun yang sama
10.  Pembentukan sel telur malalui pembentukan folikel menjadi folikel defraf. Hormon yang berperan dalam proses tersebut adalah…
a.       ACTH
b.      LH
c.       Lactogen
d.      FSH
e.       Progesteron
11.  Seorang ibu mengikuti program KB dengan cara tubektomi. Cara ini diterapkan pada bagian …
a.       Vagina
b.      Servic
c.       Uterus
d.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPPgsyr0s0ToIxu7-ILvfqvxFkkEXxYsa5RS-lfELMU564EDFdJo1ff5WVf4b00knEnOuW7m6AR5yzhyJtm4lmsTAXBHR_GmhReR6wdKW-sOdaTMmbbOviuo4PO2rXlen0ea4lqUfSqcXr/s400/2+VAGINA.bmpUretra
e.       Oviduk
12.  Perhatikan gambar berikut
Organ yang bernomor 2 adalah…
a.       Folikel yang berungsi untuk memproduksi ovum
b.      Ovarium yang bertugas untuk memproduksi ovum
c.       Ovarium yang bertugas mematangkan sel
d.      Tuba folopi yang berfungsi sebagai tempat pembuahan
e.       Kelenjar penghasil hormon FSH dan LH

13.  Korpus luterum pada ovarium menghasilkan hormon dipacu oleh hormon…
a.       FSH
b.      LH
c.       LTH
d.      Estrogen
e.       Progesterone
14.  Produksi progesterondapat terhambat oleh…
a.       Estrogen yang diproduksi oleh korpus luteum
b.      Progesterone yang diproduksi oleh korpus luteum
c.       Adrenalin yang diproduksi oleh kelenjar adrenal
d.      Insulin yang diproduksi oleh kelenjar pulau langerhans
e.       Ketidakhadiran LH yang diproduksi oleh pituitary
15.  Fertilisasi terjadi pada bagian ...
a.       Serviks
b.      Endometrium uterus
c.       Vagina
d.      Saluran telur
e.       Ovarium
16.  Ketika masih balita, gamet perempuan dalam bentuk...
a.       Oocit primer
b.      Oocit sekunder
c.       Oogonium
d.      Ovum
e.       Ovarium
17.  Hormon yang terdapat hanya pada orang hamil adalah ….
a.       entrogen
b.      CGH
c.       progesteron
d.      LH
e.       FSH
18.  Berikut ini adalah hormon yang menyebabkan kontraksi uterus …
a.       estrogen
b.      relaksin
c.       oksitosin
d.      progesteron
e.       prolaktin
20. Organisme mengadakan reproduksi dengan tujuan-tujuan berikut ini, kecuali …….
a. memperbanyak spesiesnya
b. memperluas penyebarannya
c. mempertahankan kelestarian jenisnya
d. memperkaya para petani / peternak
e. melangsungkan kehidupannya
21. Untuk mendapatkan keturunan dengan sifat-sifat yang sama seperti induknya, dapat dilakukan dengan cara mengambil meristem dan pucuk batang yang ditumbuhkan pada agar-agar yang mengandung nutrisi dan zat tumbuhan, cara ini dikenal sebagai …….
a. kultur murni
b. hidroponik
c. hibridisasi
d. okulasi
e. kultur jaringan
22. Pembiakan “Partenogenesis” terjadi pada ……
a. ular
b. lebah
c. bekicot
d. cacing
e. kura-kura
23. Hewan berikut ini memiliki alat kelamin ganda/hermaprodit, kecuali…
a. Lumbricus terestris (Cacing tanah)
b. Ascaris lumbricoides (cacing perut)
c. Acatina fulica (Bekicot)
d. T. solium (Cacing pita)
e. F. hepatica (Cacing hati)
24. Kloaka terdapat pada hewan berikut ini, kecuali ...
a. Katak
b. Ayam
c. Salamander
d. Kanguru
e. Bebek
25. Di antara hewan berikut ini yang memiliki ukuran sel kelamin terbesar adalah...
a. gajah
b. kerbau
c. katak
d. ikan
e. unggas
26. Kulit mencegah masuknya kuman, merupakan reaksi imun secara...
a. fisik
b. mekanik
c. kimia
d. biologi
e. spesifik
27. Pada berbagai cairan tubuh terdapat enzim yang dapat mengurai patogen. Enzim tersebut adalah...
a. apoenzim
b. lisozim
c. ko enzim
d. ligase
e. rektriksi
28. perhatikan sel lymfosit berikut
1. sel helper
2. sel plasma
3. sel killer
4. sel memory
5. sel suppresor
6. sel pembelah
sel yang terdapat pada lymfosit B adalah...
a. 1,2,3
b. d. 2,4,5
c. 4,5,6
d. 2,4,6
e. 1,3,6
29. Adi pada tahun 1995 pernah menderita cacar. Ketika tahun 2008 ada wabah cacar di kampungnya dan Adi tidak tertular lagi. Kekebalan yang dimilikinya merupakan...
a. kekebalan primer
b. kekebalan sekunder
c. kekebalan aktif buatan
d. kekebalan pasif alami
e. kekebalan pasif buatan
30 Sel limfosit yang menghancurkan kuman dengan cara mengekspresikan antibodi adalah …
a. sel helper
b. sel plasma
c. sel killer
d. sel memory
e. sel suppresor
31. Bila kita pernah terserang penyakit infeksi tertentu, di kemudian hari biasanya kita tak mengalami penyakit infeksi yang sama. Karena antigen yang sama sudah dikenali. Sel yang berperan adalah...
a. sel helper
b. sel plasma
c. sel killer
d. sel memory
e. sel suppresor
32. Pak Kofi digigit anjing gila. Agar kuman anjing gila tidak menyerang jiwanya Pak Khofi disuntik dengan …. Anjing gila
a. serum
b. vaksin
c. antigen
d. kolostrum
e. antiserum
33. Berikut ini merupakan zat yang diberikan untuk memperoleh kekebalan pasif alami...
a. vaksin
b. imunisasi
c. kolostrum
d. antigen
e. antikoagulan
34. Orang yang berjasa menemukan vaksin cacar adalah...
a. Edward Jenner
b. Yonas Salk
c. Louis Pasteur
d. James Watt
e. Marconi
35. Berikut ini merupakan golongan organisme yang dapat menghasilkan antibiotik...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXvYpJiCl01o9useyqhlPwfmhkK-vwyRqSwE5GWM2_9LUC8CujskoMSTsVo7dojaMCOVQFOr-X67ZKj2AJFqd2hzV5oB5barqwukcBv1PrlvZYkTY07GlEpb_-bEO92xVUZCWLXVPduy_8/s1600/FELP+ME.jpga. monera dan fungi
b. protista dan monera
c. virus dan fungi
d. virus dan monera
e. plantae dan monera
36. Berikut ini diagram siklus menstruasi!
      Pembuahan paling tepat terjadi pada saat . .
a.       Kadar estrogen rendah
b.      Ovulasi
c.       Kadar estrogen tinggi
d.      Menstruasi
e.       Terbentuk Folicle de Graff
37. Berikut adalah prinsip kontrasepsi,kecuali. . .
a.       Menghambat ovulasi secara hormonal
b.      Menghambat fertilisasi
c.       Mencergah fertilisasi
d.      Mengurangi rasa sakit saat menstruasi
e.       Mencegah kehamilan
38. Pasangan hormon yang kerjanya bersifat antagonis adalah. . .
a.       Adrenalin – Insulin
b.      Androgen – Prolaktin
c.       Tiroksin – Adrenalin
d.      Adrenalin – Prolakti
e.       Tirotrop – Tiroksin
39. Pematangan sel telur dalam folikel di pengaruhi oleh hormon. . .
a.       LH
b.      Progesteron
c.       FSH
d.      Oksitosin
e.       Estrogen
40.  Lapisan ektoderm yang terbentuk pada fase gastrula, pada tahap selanjutnya mengalami diferensiasi menjadi.
a.       otot dan rangka
b.      kulit dan sistem saraf
c.       usus dan hati
d.      kulit dan otot
e.       jaringan ikat dan alat reproduksi
41.  Pada manusia setelah telur dibuahi oleh sperma terbentuklah zigot yang akan berkembang secara bertahap melalui beberapa fase. Pada fase gastrulasi terjadi proses ….
a.       pembelahan sel terus menerus sehingga terbentuk massa sel berbentuk seperti bola.
b.      pembentukan massa sel seperti bola yang mempunyai rongga berisi cairan.
c.       pembentukan massa sel yang berbeda-beda sehingga terbentuk 3 lapisan sel yang tidak sama.
d.      perubahan mesoderm menjadi bentuk awal sebuah organ.
e.       pembentukan jaringan berbentuk seperti bola padat yang mempunyai kutub berbeda.
42.   Jenis enzim yang terdapat dalam kepala sel sperma adalah ….
a.       lisosom
b.      ptialin
c.       litik
d.      lipase
e.       akrosom
43.  Proses bertemunya sel telur dengan sel sperma disebut.
a.       ereksi
b.      diferensiasi
c.       ejakulasi
d.      penyerbukan
e.       fertilisasi
44.  Proses implantasi fetus terjadi pada ….
a.       vagina
b.      tuba fallopii
c.       ovarium
d.      uterus
e.       rectum
45.  Perkembangan janin terspesialisasi menjadi organ organ disebut ….
a.       morula
b.      diferensiasi
c.       organogenesis
d.      melahirkan
e.       gastrulasi
46.  Perhatikan gambar oogenesis berikut.
Ootid yang memiliki kromosom haploid (n) ditunjukkan oleh nomor ….
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
47.   Zona pelindung pada sel telur dinamakan ….
a.       endometrium
b.      vas deferens
c.       corona radiata
d.      corpus luteum
e.       esterogen
48.  Proses keluarnya semen disebut ….
a.       ereksi
b.      diferensiasi
c.       ejakulasi
d.      organegenesi
e.       fertilisasi

49.  Blastula membentuk tiga lapisan, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Tahap tersebut dinamakan..
a.       gastrulasi
b.      ereksi
c.       blastulasi
d.      fertilisasi
e.       implantasi
50.   Zat-zat berikut terkandung di dalam ASI, kecuali ….
a.       protein
b.      taurin
c.       lemak
d.      karbohidrat
e.       urea




MATEMATIKA CERIA

Beberapa Soal OSN dan Pembahasannya

1)  
W+ Z= 7
W+ Z3 = 10
W + Z yang mungkin adalah ….
a)      1
b)      2
c)      3
d)      4
e)      5

Jawaban :
a)      1
W + Z = X
(W + Z)2 = W2 + Z2 + 2WZ -> X2  = 7 + 2WZ   (.X) 
(W + Z)3 = W3 + Z3 + 3WZ (W+Z) -> X3 = 10 + 3WZ (X)
=> X= 7X + 2WZ (X)   [x3]  3X= 21X + 6WZ (X)
      X3 = 10X + 3WZ (X) [x2]   2X2 = 20X + 6WZ (X) 
--------------------------- -
X3 = 21X - 20
1= 21.1 – 20
1  = 1
 2)
Diberikan 3 bilangan. Jika masing-masing bilangan dijumlahkan dengan rata-rata 2 bilangan lainnya maka akan menghasilkan rata-rata masing-masing adalah 65,69,76. Berapa rata-rata dari ketiga bilangan ?
Jawab :
Bilangan. a,b,c
a + (b+c : 2) = 65
b + (a+c : 2) = 69
c + (a+b : 2) = 76
a + b + c : 3 ?
>  a + b + c + (a + b + c) = 210
2 (a + b + c)  = 210
      a + b + c  = 105
 a + b + c : 3  = 105 : 3
 a + b + c : 3  = 35

3)
A2 - B2 = 20113
3A - 2B = ?
Jawaban :
(A-B)(A+B) = 20112 . 2011
             A+B = 20112
              A-B = 2011
                A = 20112 + 2011 : 2
                 B = 20112 - 2011 : 2
3(2011)2 + 3.2011 - 2(2011)2 + 2(2011)
20112 + 5.2011 : 2 = 2027088
4)
X1 = 2012
X2 = 3/X1
X3 = 4/X2
X4 = 5/X3
X5 = 6/X4
.
.
.
X10 = 11/X9
X1 . X. X3 … X10 = ?
Jawab :
= 2012.3/2012 . 4.2012/3 . 5.3/4.2012 . 6.4.2012/5.3 . 7.5.3/6.4.2012 . 8.6.4.2012/7.5.3 . 9.7.5.3/8.6.4.2012 . 10.8.6.4.2012/9.7.5.3 11.9.7.5.3/10.8.6.4.2012
= 10395
5)
Bentuk Xxy log y . Yxy log y . Zxy log x . Zxy log y dapat disederhanakan menjadi ….
a)   X.Y
b)   X.Z
c)   Y.Z
d)   X/Y
e)   X/Z
jawaban :
b)   Y.Z
am.bm = (ab)m
          = (XY)xy log y
          = Y
Zxy log x . Zxy log y
Zxy log x xy log y
= Zxy log xy
Z 
Segini dulu ya guys ... Selamat belajar ^_^
(A.N.K.12) 



///////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////



KARAKTER INVERTEBRATA

ARTHROPODA
  • Berasal dari kata arthros yang artinya sendi atau ruas dan podos yang artinya kaki
  • Hewan tak bertulangbelakang dan kakinya beruas-ruas dimasukkan dalam filum Arthropoda
  • Ada 4 kelas Arthropoda (CAIM) :
  1. Kelas Crustaceae (kelas udang)
  2. Kelas Arachnoide (kelas labah-labah)
  3. Kelas Insecta/Hexapoda (kelas Serangga)
  4. Kelas Myriapoda (kelas berkaki banyak)
Kelas Crustaceae
  • terdiri dari 2 bagian yaitu sefalotoraks (kepala dan dada menyatu) dan abdomen
  • setiap ruas tubuh terdiri dari sepasang kaki
  • Pada kepala terdapat sungut, sepasang maksila dan sepasang mandibula
  • di bagian kepala terdapat 5 pasang kaki yang 1 pasangnya adalah kaki capit (keliped)
  • bagian kepala dilindungi oleh karapaks (eksoskeleton)
  • sistem pencernaannya dimulai dari mulut, esophagus, ventrikulus, usus, dan anus
  • sistem ekskresinya lewat kelenjar hijau
  • sistem saraf merupakan susunan saraf tangga tali
  • sistem pernapasan menggunakan insang.
  • Darahnya mengadung pigmen hemosianin dan hemoglobin
  • sistem reproduksi : fertilisasi internal dan larvanya mengalami ekdisis berkali-kali
KLASIFIKASI dibagi 2 sub Kelas ( berdasrkan ukuran )

  1. Subkelas Entomostraca (udang tingkat rendah) : merupakan zooplankton. Misalnya ordo Copepoda, Ostracoda, Amphipoda (Mikroskopis - Planktonik )
  2. Subkelas Malacostraca (udang tingkat tinggi) : misalnya ordo Isopoda (berkaki seragam), ordo Decapoda (berkaki sepuluh), contoh Decapaoda adalah udang, kepiting, rajungan, dan yuyu

Kelas Arachnoidea
  • tubuh terdiri dari sefalotoraks ( kepala dada menyatu) dan abdomen ( perut )
  • terdapat kelisera (alat sengat sekitar mulut ) dan pedipalpus (capit)

  • bernapas menggunakan paru-paru buku
  • sistem peredaran darahnya terbuka ( darah tidak melalui pembuluh darah)
  • sistem saraf menggunakan saraf tangga tali
  • sistem pencernaan dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus
  • sistem ekskresi menggunakan badan malphigi


KLASIFIKASI
ARACHNOIDEA dibagi menjadi 3 ordo:
  1. Ordo Scorpionidae : kalajengking
  2. Ordo Arachnida : labah-labah, kemlanding
  3. Ordo Acarina : caplak, tungau
Kelas Myriapoda
  • tubuh tersusun atas kepala dan perut
  • respirasi dengan trakea yang bermuara pada spirakel
  • sistem saraf tangga tali
KLASIFIKASI MYRIAPODA
  • diagi menjadi 2 ordo:
  1. Ordo Diplopoda : keluwing. setiap segmen toraks hanya mempunyai sepasang kaki dan setiap segmen abdomen mempunyai 2 pasang kaki
  2. Ordo Chilopoda : kelabang. setiap segmen mempunyai sepasang kaki, kecuali segmen 1 di belakang kepala dan 2 segmen di terakhir. Hewan ini bersifat ovipar

Kelas Insecta / Hexapoda


  • Insecta dibagi menjadi 2 subkelas, yaitu
  1. Apterygota (golongan tak bersayap)
  2. Pterygota (serangga bersayap).
  1. subkelas Apterygota, ordo yang terkenal adalah Thysanura. Ciri-cirinya Thysanura: sulit dibedakan mana bagian kepala, dada, dan perut, tidak bersayap, mulut menggigit memiliki ekor panjang. Ia termasuk golongan Ametabola. contoh: kutu buku (lepisma)
  2. subkelas Pterygota, dibagi menjadi beberapa ordo :
  • ordo odonata : mempunya dua pasang sayap yang tidak dapat dilipat. Tipe mulut mengunyah atau menggigit. Termasuk golongan hemimetabola Example : Capung

  • ordo orthoteptera : mempunyai sayap lurus, tipe mulut mengunyah, metamorfosis tidak sempurna, struktur tubuh terdiri dari kepala, dada, perut, kaki dan mulut. contoh : kecoa, belalang, jangkrik
  1. ordo isoptera / archiptera : memiliki sayap yang sama, tipe mulut mengunyah. contoh serangga ini adalah laron. Laron adalah fase imago. Ada 2 generasi, yaitu generasi fertil (laron) dan generasi steril (rayap)
  2. ordo hemiptera : memiliki 2 pasang sayap tak sama, tipe mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis tak sempurna. contoh : kutu busuk (Cimex rotundus)
  3. ordo homoptera : memiliki 2 pasang sayap sama pada bagian depan dan belakang, tiep mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis yak sempurna. contoh : kutu daun (Aphis medicaginis)
  4. ordo coleoptera : memiliki sayap depan belakang halus dan tebal (sayap perisai), tipe mulut menggigit, metamorfosis tak sempurna. contoh : kumbang tanduk, kepik air, kepik emas
  5. ordo lepidoptera : memiliki 2 pasang sayap warna-warni, tipe mulut mengisap, metamorfosis sempurna. contoh : kupu-kupu dan ngengat
  6. ordo diptera : memiliki dua sayap tipis, tipe mulut menusuk dan menjilat, metamorfosis sempurna. contoh : lalat rumah (Musca domestica), nyamuk (Culex sp.)
  7. ordo siphonoptera : tidak memiliki sayap, tipe mulut menusuk dan mengisap, metamorfosis sempurna. contoh : kutu anjing, kutu kucing (Clenocephalus felis), kutu tikus (Xenopsylla cheopsis)
  8. ordo hymenoptera : memiliki 2 pasang sayap tipis (himen), tipemulut menggigit, metamorfosis sempurna. contoh : lebah madu (Apis indica), tawon endas (Vespula maculata)
MOLLUSCACIRI FILUM MOLLUSCA
* Bertubuh lunak
* Tidak bersegmen atau tidak beruas-ruas
* Simetri bilateral
Kelas Gastropoda

  •  Berasal dari kata gaster yang artinya perut dan podos yang artinya kaki. Secara harafiah, artinya hewan yang menggunakan perut sebagai alat geraknya
KLASIFIKASI
  1. GASTROPODA
  2. PELECYPODA/BIVALVIA /LAMELIBRANCHIATA
  3. CHEPALOPODA

KELAS GASTROPODA
Gastropoda hidup di air tawar atau air laut

  • Strukutur tubuh: memiliki antena pendek (bintik mata) untuk membedakan gelap dan terang dan antena panjang untuk indera peraba dan pembau. Lidahnya berparut (radula). Gastropoda memiliki esophagus, ventrikulus usus untuk pencernaan. Alat respirasinya berupa mantel. Dan ekskresinya menggunakan nefridium
  • Reproduksi Gastropoda adalah hermapfordit namun tetap melakukan perkawinan silang. Ovotestes adalah alat reproduksi yang menghasilkan sel telur dan sel ovum
  • Contoh : Lymnaea (siput sawah), Achatina fulica (bekicot), Melania (sumpil)
KELAS BIVALVIA

  • Sering disebut Pelecypoda (berkaki pipih)
  • atau bisa juga Lamellibranchiata (lamella = lembaran ; branchiata = insang)
  • Sistem pencernaanya dimulai dari mulut ke esophagus menuju ke lambung usus dan berakhir di anus
  • Sistem ekskresi menggunakan nefridium (mengeluarkan metabolisme cair)
  • Sistem sarafnya menggunakan ganglion (tiga pasang susunan saraf) yang terletak di ganglion otak di depan, ganglion visceral di dekat otot belakang, dan ganglion kaki
  • contoh kerang : Ostrea, Panope generosa (kerang raksasa), Pecten (kerang dara), Meleagrina, Anodonta, Corbicula
Memiliki cangkang yang terdiri dari 3 lapisan.
  1. Lapisan itu adalah periostakum (lapisan terluar, tipis, mengandung zat tanduk),
  2. Lapisan prismatik (lapisan tengah yang mengandung CaCO3),
  3. Lapisan nakreas (lapisan terdalam dan sebagai lapisan pembentuk mutiara)
KELAS CHEPALOPODA
  • Berasal dari chepal = kepala, podos = kaki
  • Alat geraknya berupa tentakel yang ada di kepala
  • Tentakel juga berfungsi untuk menangkap makanan
  • Di dekat kepala terdapat sifon atau corong. Jika sifon menyemprotkan air, maka cumi-cumi melesat terdorong ke depan
  • Chepalopoda memiliki kantung tinta yang mengandung kelenjat tinta yang mengandung pigmen melanin. Nautillus tidak memiliki kantung tinta
  • Sistem pembuluh darah tertutup
  • Chepalopoda bersifat diesis (ada jantan dan betina)
Chepalopoda dibagi menjadi 2 ordo,
  1. ordo Tetrabranchiata ; contohnya Nautillus
  2. ordo Dibranchiata
Ordo Dibranchiata dibagi menjadi 2 subordo
  1. Subordo Decapoda misalnya cumi-cumi (Loligo), Sepia (ikan sotong);
  2. Subordo Octopoda misalnya Octopus (gurita)
Kelas Scaphopoda
* Memiliki cangkang bentuk silinder yang kedua ujungnya terbuka
* Hidupnya di laut yang terpendam di dalam pasir atau lumpur
* contoh : Dentalium vulgare

ANNELIDA
Annelida berasal dari kata annulus yang artinya cincin. Cacing ini bentuknya gilik, tubuh beruas-ruas, dan memanjang. Pada setiap ruas (segmen) terdapat alat-alat tubuh, seperti alat pengeluaran, serabut saraf, alat reproduksi, dsb, sehingga tiap segmen memiliki kesamaan. Segmen yang sama disebut metameri. Annelida memiliki sistem saraf tangga tali, sistem pembuluh darah tertutup, sistem pencernaan makanan, dan reproduksi. Cacing ini bersifat hermaprodith. Annelida dibedakan menjadi 3 kelas berdasarkan ada tidaknya rambut (seta).

Kelas Polychaeta
Polychaeta artinya berambut banyak. Hampir semua Polychaeta hidup di laut. Badan Polychaeta beruas-ruas dan setiap ruas mempunyai parapodia dan seta. Cacing ini tidak memiliki klitelum (sadel). Sebagian besar waktu Polycaheta berada dalam bentuk atoke, yaitu hewan yang belum masak secara seksual. Pada saat musim kawin, bagian tubuh tertentu membentuk gonad. Hewan yang sudah dewasa ini disebut epitoke. Epitoke mengandung gamet. Pembuahan terjadi di luar tubuh. Contohnya cacing palolo (Eugena viridis), dan cacing wawo (Lysidice oele), cacing kipas, Phyllodoce maculata, dan Trypanosyllis zebra.

Kelas Olygochaeta
Cacing ini mempunyai sedikit seta. Misalnya cacing tanah (Pheretima sp.) yang banyak terdapat di Asia dan Asia Tenggara. Di Amerika terdapat cacing tanah (Lumbricus sp.). Tubuh Peretima sp. lunak dan mengeluarkan lendir untuk mempermudah gerakannya. Untuk mempertahankan diri, cacing ini mengeluarkan selom (cairan putih). Cacing ini hermafrodit tetapi mengeluarkan perkawainan silang. Sistem transportasi tertutup, sistem ekskresi berbentuk cair yang disebut nefridia dan sistem sarafnya merupakan sistem saraf tangga tali.
Kelas Hirudinea
Cacing ini merupakan cacing pengisap darah. Lintah termasuk dalam golongan ini. Lintah (Hirudo medicinalis) memiliki tubuh yang berbuku-buku, pipih namun jika terisi darah ukurannya membesar seperti gilik. Cacing ini memiliki 2 alat pengisap yang terletak di posterior dan anterior. Jika cacing ini melekat dan mengisap darah, cacing ini mengeluarkan zat anestesi penghilang rasa sakit. Cacing ini juga mengeluarkan zat antikoagulan (anti pembekuan darah). Selain itu terdapt lintah darat (Haemadipsa javanica). Jika tergigit cacing ini, untuk melepaskannya pelu ditetesi air tembakau. Jangan ditarik, sebab pengaitnya akan tetap tertinggal di kulit dan darah akan tetap mengucur.

NEMATHELMINTHES
Nemathelminthes berasal dari kata nematos yang berari benang dan helminthes yang berarti cacing. Jadi arti harfiahnya adalah cacing benang. Namun, cacing ini lebih terkenal dengan ebutan cacing gilik karena betuknya yang gilik atau bulat memanjang.

CIRI UMUM NEMATHELMINTHES
* tubuh tidak beruas-ruas, gilik, pada bagian depan terdapat mulut dilanjutkan dengan pencernaan yaitu usus dan diakhiri dengan anus.
* tidak memiliki pencernaan gastrovaskuler karena sudah terdapat usus

STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH NEMATHELMINTHES
* tidak memiliki sistem pembuluh darah dan sistem pernapasan
* memiliki kelamin terpisah dan tidak ada aseksual
* cacing betina umumnya lebih besar

Ascaris lumbricoides atau Cacing Usus
Cacing ini biasa disebut cacing usus atau cacing gelang. Panjangnya mencapai 20 cm. Warnanya merah muda. Hidupnya parasit di usus halus manusia. Kadang-kadang cacing ini dapat keluar terbawa keluar oleh kotoran melalui anus.
Telur keluar bersama feses penderita. Setelah beberapa lama, terbentuk embrio di dalam telur itu. Apabila telur cacing yang belum menjadi mebrio termakan, maka akan keluar kembali bersama anus. Namun apabila telah terbentuk embrio dan termakan, telur akan menetas di dalam usus. Larvanya keluar menembus dinding usus, masuk ke pembuluh darah. Akibatnya akan merusak organ-organ tubuh. Oleh karena itu, diupayakan mencuci makanan yang berasal dari pinggir parit. Umumnya sayuran seperti selda, kangkung yang berpotensi mengandung cacing ini.

Ancylostoma duodenale
Cacing ini juga bisa disebut cacing tambang. Cacing ini menginfeksi melalui kaki. Ancylostoma duodenale adalah sebuta untuk cacing yang hidup Afrika. Necator americanus untuk cacing tambang yang ada di Amerika.
Ancylostoma hidup di usus manusia. Cacing ini memiliki kait untuk mencengkeramkan diri di usus dan mengisap darah penderita. Telur yang dihasilkan 9000 butir perhari ikut keluar bersama feses. Jika ada orang yang menginjaklarva cacing ini, larva menempel, menembus kaki, dan ikut aliran darah menuju jantung. Dari Jantung, larva ikut ke paru-paru naik ke faring. Jika tertelan, larva akan mencapai penderita, dan tumbuh menjadi cacing dewasa.
Daur hidup Ancylostoma:
usus manusia → cacing → telur → keluar bersama feses → tempat becek menetas → larva hidup lama → menempel pada kaki manusia → menembus kaki manusia → aliran darah→ jantung → paru-paru → kerongkongan → usus manusia → cacing dewasa

Enterobius vermicularis atau Cacing Kremi
Cacing ini juga disebut Oxyuris vermicularis. Cacing ini menyebabkan gatal pada dubur. Hal ini disebabkan karena cacing ini bertelur di dekat dubur. Sambil bertelur, cacing ini mengeluarkan zat yang menyebabkan rasa gatal. Cacing ini mengulangi daur hidup melalui autoinfeksi, yaitu infeksi yang dilakukan diri sendiri

Trichinella spiralis
Cacing ini hidup di usus manusia dan karnivor lainnya. Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini adalah Trichinosis, yaitu infeksi pada otot akibat larva membentuk sista di dalam otot

Wuchereria brancrofti atau Cacing Filaria
Cacing ini hidup di dalam getah bening di kaki. Cacing akan menyumbat pembuluh limfa, sehingga kaki menjadi bengkak. Penyakit ini dikenal dengan elephantiasis atau penyakit kaki gajah. Cacing ini menghasilkan telur yang kecil yang disebut mikrofilaria. Nyamuk culex merupakan vektor dari mikrofilaria.

PLATYHELMINTHES

Cacing atau vermes adalah hewan yang memiliki tubuh lunak, tidak bercangkang dan tubuhnya simetris bilateral. Cacing tergolong hewan triploblastik. Lapisan kulitnya, yaitu:
1. ektoderma, lapisan luar yang akan berkembang menjadi kulit
2. mesoderma, lapisan tengah yang akan berkembang menjadi otot dan beberapa organ
3. endoderma, lapisan dalam yang akan berkembang menjadi alat pencernaan

CIRI UMUM PLATYHELMINTHES
* Tubuh pipih dorsoventral dan tidak berbuku-buku
* bentuk kepala segitiga
* hidup di sungai, laut, danau, atau parasit pada suatu organisme

STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH
* Lapisan tubuh: triploblastik aselomata, simetri bilateral
* Sistem pencernaan: sistem gastrovaskuler (berperan mencerna dan mengedarkan)
* Sistem transpor: difusi dari permukaan tubuh
* Sistem saraf: ganglion otak
* Ekskresi dan osmoregulasi: sel api
* Reproduksi : membelah diri atau hermaphrodite

KLASIFIKASI PLATYHELMINTHES

1. Kelas Turbellaria atau Cacing Bulu Getar

Cacing Turbellaria adalah cacing yang dapat bergerak dengan menggetarkan bulu getarnya. Bulu getar ini dikenal dengan silia. Contoh Turbellaria adalah Planaria. Planaria hidup di sungai yang jernih. Planaria bisa dijadikan BOD (Biologycal Oxygen Demand) alami karena ia hidup di air jernih.Di bagian kepala terdapat bintik mata yang berfungsi untuk membedakan gelap dan terang. Planaria bersifat fototropik negatif (menjauhi cahaya). Mulut planaria terletak di tengah-tengah badan.

2. Kelas Trematoda atau Cacing Isap
contoh Trematoda adalah Fasciola, Clonorchis, dan Schistosoma

* Fasciola, sering dikenal dengan cacing hati, karena hdup di hati inangnya. Fasciola hepatica hidup di hati domba sedangkan Fasciola gigantica hidup di hati sapi
* Clonorchis, cacing hati yang hidup di hati manusia. Clonorchis memilih ikan air tawar sebagai inangnya dan sebagai tempat untuk meletakkan metaserkaria
* Schistosoma, disebut juga cacing darah karena hidup di dalam pembuluh vena. Inangnya berupa manusia, biri-biri, binatang mengerat, dan sapi. Schistosoma juga mencari ikan air tawar sebagai inang perantara. Penyakit yang disebabkan oleh cacing ini adalah schistosomiasis. Penderita akan mengalami kerusakan hati, kelainan jantung, limpa, kantong kemih, dan ginjal

3. Kelas Cestoda atau Cacing Pita
ciri utama dari cacing ini adalah tubuhnya pipih dan berbuku-buku. Kulitnya dilapisi kitin sehingga tidak bisa dicerna oleh enzim inangnya. Contoh: Tenia saginata dan Taenia solium. Tubuh Taenia tersusun atas proglotid dan tidak memiliki usus. Setiap proglotid mampu memasukkan makanan, bernapas, reproduksi, hermaphrodite, tidak mempunyai sistem pencernaan makanan, dan sistem saraf tidak berkembang. Karena itu satu proglotid juga bisa disebut satu individu. Terdapat skoleks pada segmen pertama yang digunakan untuk menempel pada usus.
Taenia solium, memilih babi sebagai inang perantara dan menyerang manusia
Taenia saginata, memilih sapi sebagai inang perantara dan menyerang manusia

COELENTERATA
Coelentearata berasal dari kata koilos yang berarti rongga tubuh atau selom dan enteron yang berarti usus. Coelenterata memiliki struktur yang lebih kompleks daripada porifera. Namun, ia tetap digolongkan ke dalam makhluk hidup tingkat rendah. Namanya diambil dari rongga yang berfungsi sebagai usus yakni solenteron. Jadi hewan ini tidak memiliki usus yang sebenarnya.
Coelenterata termasuk hewan diploblastik (tersusun 2 lapisan kulit), yaitu ektoderma dan mesoderma. Lapisan ektoderma disebut juga lapisan epidermmis. Sedangkan lapisan endoderma bisa disebut dengan gastrodermis (gaster = perut, dermis = kulit)

1. STRUKTUR dan FUNGSI TUBUH COELENTERATA
Tubuhnya bersimetri radial. Antara ektoderma dan endoderma terdapat rongga yang berbahan dari gelatin, yang disebut mesoglea. Pada tubuh sebelah atas, terdapat lubang mulut yang dikelilingi oleh lengan-lengan yang disebut tentakel. Pada permukaan tentakel terdapat sel knidoblas yang beracun

2. KLASIFIKASI COELENTERATA
Terdapat 3 kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa

HYDROZOA
* hidup solitaire (koloni)
* contoh Hydrozoa adalah Hydra dan Obelia
* Hydra adalah coelenterata yang hidup di air tawar yang hidup solitaire
* hewan ini bereproduksi secara aseksual dengan membentuk kuncup dan secara seksual dengan peleburan gamet. Testis dihasilkan oleh sel-sel ektoderma di dekat tentakel yang
* berubah menjadi testis. Ovum dihasilkan ovarium di dekat bagian kaki
* Obelia adalah coelenterata yang hidup di laut secara berkoloni. Bentuk dominan polip
* Bagian polip yang berfugsi dalam hal makanan disebut hydrant, sedangkan yang berfungsi sebgai reproduksi disebut gonangium
* hydra
* obelia

SCYPHOZOA
* Memiliki bentuk dominan sebagai medusa
* Scyphozoa banyak ditemukan di pantai yang biasa kita kenal dengan ubur-ubur (Aurelia aurita)

ANTHOZOA
* Anthozoa artinya binatang bunga
* Hewan yang tergolong Anthozoa adalah anemon laut dan hewan karang
* Tubuhnya umumnnya berbentuk polip.
* Hewan ini memiliki banyak tentakel yang berwarna-warni
* Di antara anggota Anthozoa ada yang dapat menghasilkan kerangka dari zat kapuryang sagat keras. Kerangka inilah yang membentuk terumbu karang

PORIFERA
Porifera adalah hewan berpori, memiliki lubang-lubang kecil seperti spons.
* mempunyai sel porosit yang berbentuk kubus
* tubuh terdiri dari 2 lapisan, yaitu epidermis dan endodermis
* endodermis terdiri dari sel-sel leher (choanosit) yang dilengkapi dua flagel
* spongocoel (rongga tubuh) dikelilingi oleh dinding tubuh, yaitu epidermis, choanosit dan mesenkim (lapisan gelatin)

Berdasarkan tipe saluran air, tubuh porifera dibagi menjadi:
1. ascon
2. sycon
3. rhagon/leukon

A. ascon B. sycon C. rhagon/leukon

Reproduksi porifera dikelompokkan menjadi 2:
1. aseksual : budding ; gemmule (butir benih)
2. seksual : peleburan ovum + sperma

Klasifikasi Porifera
1. kelas Calcarea, hidup di laut, spikula mengadung Zat kapur(CaCO3). Contoh: Leucosolenia, Scypha, Grantia
2. kelas Hexatinellida, spikula dari kuarsa/pasir (SiO2). Contoh: Regadella, Eplectella, Aspergillum
3. kelas Demospongia,spikula dari bahan spongin . Contoh Clionia, Halisarca, Microciona. Kelas ini bisa dimanfaatkan sebagai spons

Referensi:
Chambel. edisi 8
Blog: http://biologigonz.blogspot.com/
________________________________________________________________


APLIKASI 
CAIRAN KIMIA BAKING SODA

Baking soda ternyata bukan sekadar pengembang kue atau bubuk pemutih gigi. Baking soda juga punya beberapa manfaat lain yang tidak ada hubungannya dengan makanan. Ini kegunaannya:

1.       Menghilangkan bau pada tangan Habis mengulek kunyit, makan lauk dengan sambal terasi, atau kegiatan lainnya yang membuat tangan Anda berbau? Jangan khawatir. Baking soda ampuh mengusir bau. Caranya: Ambil baking soda secukupnya. Basahi dengan air, kemudian gosokkan pada seluruh tangan selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air.
2.       Menghilangkan noda bekas hujan di kaca mobil Sodium karbonat atau baking soda bersifat menetralisasi zat asam akibat air hujan. Bekas (titik) hujan pada kaca mobil atau jendela pasti amat mengganggu. Caranya: Tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus. Cukup buat larutan dari baking soda. Celupkan kain pada larutan, gosok pada bagian bernoda hingga bersih.
3.       Membersihkan sisir rambut Sisir bergigi rapat memang sulit dibersihkan. Untuk membersihkannya, campur 1/2 mangkuk baking soda dengan air hangat, lalu rendam sisir dalam mangkuk tersebut selama 15 menit. Cara ini ampuh untuk menghilangkan sisa lemak di sisir akibat hair gel, minyak, serum, dan sisa krim pelembab rambut.
4.       Menghilangkan lemak pada perangkat memasak Noda minyak yang lengket pada penggorengan, kompor, dan dinding dapur, jika dibiarkan akan terus menumpuk dan makin sulit dibersihkan. Untuk membersihkan, buat larutan kental dari baking soda, gunakan spons atau kain lap (kering tanpa dibasahi) untuk menggosokkan baking soda pada bagian yang berlemak.
5.       Mengangkat lapisan kulit mati Ingin punya kulit mengilap? Mudah saja, campurkan satu sendok teh baking soda dengan air. Buat hingga larutan memiliki kekentalan mirip sabun cuci muka. Gosokkan pada wajah selama 30 detik (seperti saat Anda menggunakan sabun pencuci muka). Bilas dan beri krim pelembab.
6.       Bisa juga dipakai buat merebus sayuran supaya tetap warnanya, terutama sayuran hijau. Saat disajikan tetap cantik.
7.       Menetralkan bau asam dan apek, mis di kamar mandi. siram bagian2 yang bau dengan larutan baking soda (air baking soda). - membersihkan noda ringan di alat2 kamar mandi (mis keran dll) tanpa menggores. Satu sendok baking soda setengah sendok sabun cuci piring, lalu oleskan dan gosok ringan dengan spons. Biarkan beberapa saat sebelum dibilas.
8.       Untuk menghilangkan noda yang menempel di permukaan, beri baking soda dan air (perbandingan 3 : 1). Gosok hingga bersih, bilas.
9.      Sisir dan sikat rambut juga dapat dibersihkan dengan larutan baking soda.
10.    Untuk mengatasi saluran yang tersumbat, tuangkan 1/4 cangkir baking soda sekali seminggu. Bilas dengan air panas.

FUNGSI LAIN

1 . Untuk menghilangkan bau-bauan dari karpet, taburkan baking soda. Biarkan paling tidak selama 15 menit, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Ulangi bila perlu.
2.    Bila di rumah Anda ada perokok, letakkan baking soda di dalam dan di dasar asbak untuk menghilangkan sebagian bau asap yang apek.
3.    Mainan anak-anak dapat dibersihkan dengan menggunakan 1/4 cangkir baking soda yang dialturkan dengan 3 gelas air hangat. Masukkan mainan ke dalam campuran ini atau bersihkan dengan lap basah, lalu bilas dengan air bersih.
4.   Ganti separuh dari tiap ukuran deterjen pakaian dengan baking soda agar pakaian tetap segar:

a.     Untuk menghilangkan noda lemak, selain menambahkan baking soda ke dalam mesin cuci yang sudah berisi pakaian, dapat juga dengan menempelkan baking soda pada pakaian yang terkena noda sebelum dicuci.
b.     Taburkan bakng soda pada popok yang dikumpulkan di ember. Cara ini akan mengurangi bau menyengat yang keluar pada saat popok dicuci.
c.     Tambahkan 1/2 cangkir baking soda di mesin cuci bersamaan dengan jumlah pemutih yang biasa dipakai.
d.    Bila Anda menggunakan keranjang pakaian kotor, masukkan baking tepung soda setiap hari agar keranjang tidak bau

5.    SEBAGAI VARIASI LAIN CAIRAN BISA JUGA DILAKUKAN
  • a.     Pembersih serba guna Isilah botol dengan air bersih, tambahkan dua sendok makan sabun pencuci piring. Kemudian kocok hingga rata. Cairan ini dapat kita gunakan sebagai cairan pembersih serba guna. Sangat membantu membersihkan noda yang melekat pada perabotan saat kita mengelap.
  • b.       Baking soda Bahan ini dapat kita gunakan sebagai zat peluntur kotoran. Ambil sedikit baking soda, gosokan pada permukaan kaca, fiberglass, atau WC
  • c.        Perasan jeruk nipis Larutan jeruk nipis adalah pembersih yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda bekas sabun, alkali yang bergumpal pada shower, lipstick, dan minyak.
  • d.       Alkohol 70% Larutan alcohol 70% ampuh untuk mengangkat noda pada layer monitor, layer televise, telepon, computer, mesin faksimil, dan perlengkapan audio visual. Tuangkan alcohol keatas lap kering, lalu gosok pada permukaan perabot yang akan kita bersihkan.
  • e.       Cuka Larutan ini dapat digunakan sebagai pengganti desinfektan. Bila dicampur dengan baking soda dapat digunakan untuk melarutkan kotoran yang menyumbat saluran air atau penyumbatan kakus.
  • f.         Cuka dan baking soda Kombinasi kedua bahan ini dapat digunakan sebagai pembersih WC. Caranya, tuangkan cuka kedalam WC, diamkan selama 30 menit. Kemudian tuangkan baking soda ke sikat WC dan sikatlah. Baking soda akan mengangkat kotoran yang menempel pada WC sekaligus mengharumkan. Tuangkan sekali lagi cuka ke dalam WC, biarkan selama semalam. Lakukan pekerjaan ini sebulan sekali untuk mencegah terjadinya penyumbatan kotoran pada leher angsa saluran WC.
  • g.       Pembersih WC Isi botol semprot dengan air bersih, masukan 1/3 cangkir larutan cuka, dan ¼ cangkir alcohol. Kocoklah hingga larutan tercampur rata. Larutan ini sudah dapat digunakan sebagai pembersih kaca. Bila anda ingin, bisa juga ditambahkan satu sendok makan sabun pencuci piring. 
Referensi:
http://biologogonz.blogspot.com

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\

DNA (Deoxyribosa Nuclead Acid), 

Tanda Pengenal Masa Depan

  • Oleh F Suryadjaja
DENGAN  bantuan pemeriksaan profil DNA, kepastian tewasnya Osama bin Laden diperoleh. Dari tes DNA (deoxyribonucleic acid) ini dapat diidentifikasi bahwa jenazah Osama bin Laden di rumah kediamannya di Abbottabad, Pakistan, pascaoperasi penyerbuan pasukan khusus Amerika Serikat 03 Mei 2011, benar-benar jasad Osama bin Laden sendiri. Tewasnya Osama bin Laden juga diperkuat oleh pernyataan resmi Al Qaeda  (forum Jihadist) di internet tiga hari kemudian.

Utilisasi tes DNA memang sedang menjadi tantangan dan pilihan pembicaraan internasional pada abad ke-21 ini, tatkala validitas identitas konvensional (golongan darah, kartu tanda penduduk, paspor, raut wajah, koleksi foto pribadi, sidik jari) adakalanya tidak lagi efektif. Antara lain katastropi, seperti tsunami, sering meluluhlantakkan relasi manusia dan keluarga. Dalam hal ini, tes DNA menawarkan solusi efektif untuk berkumpul kembali keluarganya yang sempat tercerai berai.

Kasus Bom Bali 2002, uji penyidikjarian DNA (DNA fingerprint) mengerucutkan validitasnya untuk menyatukan sejumlah potongan jenazah, sehingga menjadi jenazah íutuhí sebelum dimakamkan. Begitu pula kasus mutilasi mayat, penemuan jenazah tak dikenal di lokasi terpencil atau melacak anggota keluarga yang hilang. Kasus ragu orangtua (disputed paternity) seperti kejadian bayi tertukar di rumah sakit. Dengan mencocokkan profil DNA bayi dengan DNA milik orangtuanya, problematika bayi tertukar dapat terpecahkan.

Keunikan DNA

Sejak diperjelas oleh James Watson and Francis Crick April 1953, kromosom atau DNA menjadi makromolekul kimiawi paling terkenal lantaran merupakan substansi penurun karakter (identitas) dari orangtua kepada generasi selanjutnya. Dalam satu sel diploid normal manusia, terdapat 46 kromosom dengan panjang total 1 ñ 2 meter. Dalam satu milimeter kromosom terdapat 3000 - 4000 gen.

Sedangkan gen sendiri tak lain potongan (fragmen) untai rangkap DNA yang tersusun dari polimer nukleotida. Sebagai unit terkecil dari gen, setiap nukleotida terdiri dari tiga komponen, berupa satu molekul basa nitrogen, satu molekul gula berkarbon lima (deoksiribosa) dan satu gugus fosfat. Molekul basa nitrogen adenin, timin, guanin dan sitosin menyusun bangunan makromolekul DNA, juga gen.

Susunan basa ini mempengaruhi susunan genetika seseorang dan diwariskan dari kedua orangtua kandung.  Seuntai DNA sepanjang satu meter terstruktur oleh sekitar tiga miliar molekul basa yang saling berpasangan menurut aturan Chargaff (diperkenalkan oleh ahli biokimia Erwin Chargaff tahun 1947). Analoginya dengan wujud sebuah tangga dengan tiga miliar anak tangga. Menurut Chargaff, molekul basa nitrogen Adenin (A) berpasangan dengan Timin (T), sedangkan Guanin (G) dengan Sitosin (C = Cytosine). Urutan molekul basa ini, sekaligus urutan nukleotida, beragam pada setiap individu yang tidak berhubungan darah, kecuali pada kembar identik satu telur (kembar monozigot).

Karena itu, pola urutan nukleotida dalam setiap unting DNA ini menjadi identitas biologis personal (tanda pengenal) yang betul-betul spesifik untuk keunikan seorang individu, sedikitnya dalam setiap tiga miliar penduduk di dunia. Penduduk dunia saat ini berkisar 6,5 miliar jiwa. Berlatar teori pengambilan sampel acak, dengan mengambil sampel 10 milimeter kromosom (satu persen panjang total kromosom), profil DNA ini sudah memiliki tingkat diskriminasi (spesifitas) untuk individu tersebut di antara 30 juta penduduk. Aplikasinya, bilamana terlacak profil DNA sebagai sampel barang bukti dari pelaku tunggal kasus kejahatan dalam populasi 30 juta, maka dapat dipastikan individu tersebut betul-betul sebagai pelakunya.

Meski tidak ada dua individu di dunia yang memiliki DNA yang identik, kecuali kembar identik. Namun dalam satu keluarga, masing-masing individu masih memiliki kemiripan (kecocokan) pola urutan pasangan molekul basa. Sebab, pola urutan ini diturunkan dari satu generasi ke generasi menurut hukum genetik Mendel. Karenanya, profil DNA seorang anak masih memungkinkan secara tidak langsung teridentifikasi dari orangtua kandung atau saudara kandung lewat kecocokan profil DNA. Postulasi inilah yang diangkat sebagai solusi efektif bilamana ada kasus dugaan bayi tertukar.

Identitas permanen bermakna sebagai identitas personal yang tetap melekat pada seorang individu sekalipun suatu saat telah meninggal dunia. Tatkala mobilitas global terbuka lebar, identitas permanen (abadi) seseorang menjadi semakin krusial. Setiap individu berpeluang untuk berpetualang sendirian sampai pada lokasi terpencil di pelosok planet bumi ini. Sekalipun kebetulan suatu saat ditemukan tinggal kerangka tulang di suatu lokasi tanpa berpenghuni, profil DNA tetap memungkinkan untuk diidentifikasi. Masa mendatang dan juga kini, bila terdapat bukti kecocokan pada profil DNA dengan saudara atau anak kandungnya, individu yang tinggal kerangka ini teramat mungkin ímenemukaní keluarganya kembali secara pasti. Sekadar untuk diketahui, dengan bantuan teknologi molekular DNA, silsilah firaun dapat diidentifikasi dan ídihidupkan kembalií sekalipun sudah dalam kondisi mumi.

Etika Rekaman DNA 

Kalau dituliskan dengan abjad empat huruf depan molekul basa (A, T, G dan C) untuk satu nukleotida, maka satu gen saja bisa menempati seperempat halaman textbook. Karena itu, bila 46 kromosom seorang individu saja secara lengkap dituliskan di atas kertas, maka akan menghabiskan 500.000 halaman seukuran buku teks. Tidak mampu kapasitas memori komputer untuk menyimpan profil utuh DNA dari setiap penduduk dunia yang kini berjumlah 6,5 miliar jiwa.

Memang ada adagium, dengan melihat secuil kromosom, dapat diidentifikasi individu memiliki karakter genetik biologis berambut keriting, misalnya. Namun sebaliknya, bisa terjebak dalam hiperbola, dengan menelaah gen seseorang, dapat diperoleh informasi secara pasti menderita penyakit tumor ganas kelak dalam perjalanan kehidupan di dunia ini, kecuali penyakit kelainan genetik. Sesuatu yang bersifat sangat privasi, dalam hal ini profil DNA seseorang, riskan untuk dimasukkan ke dalam database komputer. Jangan lupa, hanya sekitar satu persen dari total panjang kromosom manusia yang biasa diambil sebagai sampel untuk mengidentifikasi karakter genetik seseorang.

Harapan ke depan, meski teknologi molekular DNA rumit dan memerlukan peralatan khusus, dengan adanya basis data komputer profil DNA penduduk dunia, yang terhubung secara multinasional, maka kejahatan antarnegara menjadi lebih mudah untuk diantisipasi dengan tingkat kepastian yang tinggi. Meninggalkan jejak kejahatan dan berusaha alibi ke negara lain tidak akan menarik lagi. Sebab DNA suatu identifikator handal dan sangat efektif, bila diaplikasikan secara tepat dan akurat. (11)

Catatan :
=> Dr. F. Suryadjaja , dokter yang bertugas pada Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali 
Sumber: http://suaramerdeka.com - 19 Mei 2011


\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\


BELAJAR SINTESIS KIMIA DARI ALAM SEKITAR KITA



Coba perhatikan alam sekitar kita. Tuhan memang sungguh Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Semua yang kita butuhkan semua sudah tersedia di alam. Alam adalah ayat kauniyah Tuhan di mana kita bisa belajar, berpikir dan menggali segala macam ilmu. Nenek moyang kita zaman dulu sudah begitu terampilnya meracik obat-obatan dan makanan dari alam, baik melalui trial and error maupun dari ilmu turun temurun sebelumnya. Seperti halnya penemuan pinicillin, kafein, maupun penemuan logam-logam mulia. Lantas apakah manusia cukup berpangku tangan begitu saja untuk menunggu semuanya keajaiban dari Tuhan dan hanya mengambil dan mengambil? Berapa ledakan populasi dunia setiap tahunnya? Berapa kapasitas alam bisa mensupplai semua kebutuhan manusia? Apakah manusia Stagnant dan puas dengan kondisinya? Tentu saja tidak! Kehidupan senantiasa berjalan dinamis, muncullah ide-ide inovasi manusia sebagai satu-satunya makhluk Tuhan yang diberi anugrah insting kecerdasan. Revolusi dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan informasi sangat memegang peranan penting.
”Chemistry is the creative Force!”
Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya manusia kreatif untuk membuat sesuatu yang bersifat artifisial. Berbagai Bahan alam yang diekstrak/diisolasi baik dari dunia tumbuh-tumbuhan dan binatang, mikroorganisme, sumber daya kelautan, yang biasanya mengandung senyawa kimia baru di pelajari melalui proses screening, mulai dari penentuan strukturnya, aktivitas biologis, sampai aspek farmakologinya. Proses inilah yang mendorong penemuan maupun desain obat baru.
Bukan hanya senyawa bahan alam, inovasi dalam berbagai material pun tak kalah majunya. Penggunaan plastik dalam sehari-sehari sebagai contoh yang paling sederhana, mulai dari kantong plastik, botol, perabot rumah tangga sampai bahan mobil maupun pesawat terbang semua juga menggunakan inovasi material. Seperti halnya di negara-negara maju yang notabene tidak begitu kaya akan hasil alam mereka sangat giatnya mensintesis smart compounds atau molekul “cerdas” dengan melihat berbagi sampel di alam. Mulai dari pembuatan senyawa untuk terapi kanker, katalis, energi terbarukan, seperti sel surya maupun inovasi fuel cell (sel bahan bakar; dengan hidrogen sebagai bahan bakarnya), molekul untuk magnet dan sensor semua dipelajari dan bisa diproduksi. Disinilah kenapa kimia menjadi sangat penting. Semua unsur-unsur dalam alam ini dengan berbagai modifikasinya bisa dipelajari sifat dan kegunaannya untuk kehidupan manusia.
Sebagai contoh sederhana, coba kita amati struktur klorofil yang ada pada tumbuh-tumbuhan berfungsi untuk menangkap dan mentransfer sinar matahari kemudian mengkonversi CO2 dan air menjadi karbohidrat yang sangat berguna plus oksigen.
6CO2 + 6H2O + Energi → C6H12O6 + 6O2
Klorofil yang sebenarnya terdiri dari berbagai macam jenis itu, ada klorofil a,b,c,d dan ada juga bakterioklorofil a-g itu secara umum terdiri dari gugus dasar porphirin (N4-yang berselang seling aromatik) berkoordinasi dengan logam Mg, hanya rantai alifatik yang mengikuti saja yang membuatnya berbeda. Di sini kita bisa belajar dari alam, bahwa untuk menciptakan suatu sistem yang bisa mentransfer energi perlu adanya ikatan selang seling yang akan digunakan untuk transfer elektron yang berperan sebagai pembawa energi. Dari sinilah para ilmuwan yang menekuni organic solar cell, polimer konduktif (polimer yang bisa menghantarkan listrik), luminescence dll. memulai ide itu.
And… it is absolutely true that “Synthesis is the most creative thing we do in chemistry”
Bagaimana tidak? Segala yang kita pelajari di kimia pada intinya akan mengerucut pada sintesis. Kita belajar tentang pH, buffer, elektrokimia, stoikiometri, spektroskopi, dan metode-metode analisis lainnya, semua itu pada dasarnya elemen-elemen penyusun dalam suksesnya suatu sintesis. Reaksi–reaksi dasar dalam kimia seperti oksidasi, reduksi, Grignard, Sandmayer, dan bahkan reaksi kopling Suzuki merupakan bagian-bagian pengetahuan fundamental dalam kimia sintesis. Kalau kita ingat bahwa pemenang hadiah Nobel bidang kimia tahun 2010 ini adalah Richard F. Heck, Eichi Negishi dan Akira Suzuki tentang reaksi cross coupling yang dikatalisis oleh palladium (Pd) metal dalam kimia organik. Temuan ini sangat fundamental dalam reaksi kimia untuk menciptakan ikatan karbon-karbon dalam sintesis organik.
Satu sisi yang khas dalam sintesis adalah seni sintesis itu sendiri, karena pada dasarnya tidak hanya ada satu formulasi saja untuk sintesis suatu target molekul, melainkan banyak jalan yang bisa ditempuh. Istilah banyak jalan menuju Roma memang sangat cocok dengan falsafah sintesis. Berikut ada contoh sederhana synthesis Vitamin C ( asam L-ascorbat) yang merupakan hasil konversi satu step dari D-glukosa yang melibatkan proses oksidasi menggunakan asam hipoklorit (HOCl) dan menggunakan katalis cobalt oxide (Murphy et al. US Patent 005998634A). Penemuan ini dikuatkan oleh Shenqing (2010) dengan langkah reaksi yang sama hanya saja menggunakan HCl dan Na2CO3 dalam metanol, dengan HOCl digenerasi secara insitu.
Metode pendekatan yang handal untuk merancang suatu sinthesis dikenal dengan “retrosintesis”, di mana kita mulai dari molekul target kemudian kita coba untuk memotong menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dikenali sebagai material awal yang tersedia baik secara komersial maupun tersedia di alam dalam jumlah melimpah. Setiap langkah mudur tersebut dikenali sebagai proses transformasi yang kemudian dibalik nantinya menjadi langkah sintesis yang sesungguhnya. Ada 2 pendekatan dalam retrosintesis ini, yaitu konvergen dan linear. Dalam pendekatan konvergen dimungkinkan bisa ada lebih dari satu alternatif starting material, sementara dalam pendekatan linear hanya ada satu starting material. Perhatikan skema berikut ini untuk lebih jelasnya.
Metode sintesis di atas sangat berguna untuk sintesis senyawa-senyawa yang lebih kompleks terutama senyawa baru yang hasil screening bahan alam, misalnya curacin A diperoleh dari cyanobakteri laut yang menunjukkan aktivitas antitumor. Sintesis senyawa kompleks membutuhkan planing yang bagus dan ilmu pengetahuan yang dalam tentang berbagai macam variasi reaksi. Hal ini merupakan tantangan bersama para ilmuwan untuk terus mengembangkan intelektualnya. Hal yang perlu diingat bahwa tidak semua bahan alam bisa disintesis secara total. Untuk senyawa yang sangat-sangat kompleks, telalu lama dan terlalu mahal untuk disintesis dalam skala industri.
Tuhan telah banyak sekali memberi pelajaran melalui alam ciptaannya bagi manusia. Sejauh mana manusia berpikir dan bersyukur atas semua? Semakin dalam seseorang mempelajari ilmu, tentunya menjadikan dia semakin dekat dengan Pencipta-Nya.
Bahan bacaan
  • http://nobelprize.org/nobel_prizes/chemistry/laureates/2010/index.html
  • Murphy et al. US Patent (US005998634A), Dec. 7 (1999)
  • F.Z. Shenqing, China Patent (CN101805319), Aug. 18 (2010)
  • D.J. Newmann, G.M. Cragg, Journal of Natural Products 70, 461 (2007)
Penulis
Witri Wahyu Lestari, mahasiswi doktoral di Universitaet Leipzig, Jerman.

http://edukasi.kompasiana.com/

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\

MATEMATIKA CERIA
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

    
Kode : MAT042010, Produksi: 2010, Platform: Flash Lite, Format: Simulasi, Versi: Final
Mapel: Matematika, Penulis: M. Miftah, M.Pd.

Sinopsis
Program ini berisi penjelasan tentang program untuk memberikan pemahaman tentang sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah, antara lain; (1) apa pengertian dan  ...
selengkapnya baca:
http://m-edukasi.net/conten-mobile.php?kode=MAT042010
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\

BIOLOGI CERIA 
Sistem Pencernaan Manusia
Kode
Produksi
Platform
Format
Versi
Mapel
Penulis
Sinopsis
: BIO032010
: 2010
: Flash Lite
: Tutorial
: Final
: Biologi
: Indaryanto, ST
:
Tubuh memerlukan makanan sebagai sumber energi untuk beraktifitas. Agar dapat diolah oleh tubuh, maka makanan harus diubah terlebih dahulu dalam bentuk yang lebih sederhana melalui proses pencernaan.Organ yang bertanggungjawab terhadap proses pencernaan manusia dibagi menjadi 2 bagian,yaitu saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Selengkapnya baca : http://m-edukasi.net/conten-mobile.php?kode=BIO032010

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
FISIKA CERIA

Aksi Sang Balerina

Kode
Produksi
Platform
Format
Versi
Mapel
Penulis
Sinopsis
: FIS012010
: 2010
: Flash Lite
: Games
: Final
: Fisika
: Neti Tri Lestari, S.Pd.
:
Program ini berisi penjelasan tentang mekanika benda tegar dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi dikemas dalam format game (permainan), soal-soal latihan dan tes berbentuk puzzle (menjawab soal) selama permainan berlangsung

Selengkapnya baca: http://m-edukasi.net/conten-mobile.php?kode=FIS012010
    
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\

Matematika Ceria

Teorema Pythagoras


Kode
Produksi
Platform
Format
Versi
Mapel
Penulis
Sinopsis
: MAT062010
: 2010
: Flash Lite
: Tutorial
: Final
: Matematika
: Adi Wibawa,S.Pd.
:
Program tutorial ini berisi penjelasan tentang teorema Pythagoras serta penggunaannya. Program ini disertai animasi tentang konsep Pythagoras. Selain itu juga dilengkapi latihan soal. Untuk menguji kompetensi anda, program ini juga dilengkapi dengan tes.

Selengkapnya baca:  
http://m-edukasi.net/conten-mobile.php?kode=MAT062010
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\