Kamis, 12 Mei 2011

YANG MUDA BERPRESTASI

Heru Saoping, Alumnus SMAN5, Trainer Muda Penulis Buku Treelionaire

Kedua OrangTuanya Petani di Brebes 
(Bagian 2 habis)

Awalnya orang tua Heru tidak mengizinkan ketika mahasiswa Institut Manajemen Koperasi
Indonesia (IKOPIN) Jatinangor semester 8 ini ingin menjadi seorang wiraswasta. Namun
melihat kegigihanya lambat laun mereka pun mengizinkan Heru menjadi seorang wiraswastawan di usia yang terbilang masih muda. Keuletan Herur membuahkan hasil.Dari bisnisnya, ia mampu membeli mobil pertama pada semester II, dan mobil kedua pada semester VII Selain itu, Heru mampu membeli rumah
pertama pada semester V. Ia juga telah membangun perusahaan lebih dari 4 PT dan 2 CV serta beberapa home industri. "Saya juga pernah rugi puluhan hingga ratusan juta rupiah” akunya.
Cowok yang hobi makan dan jalan-jalan ini kemudian bergabung di SetiaTraining Center
Bandung sebagai asisten trainer pada 2008. Dari situ,ia mendapatkan banyak pengalaman
dan masukan, tak terkecuali pertanyaan-pertanyaan seputar kewirausahaan.
  
"Para trainer itu kerap melakukan sharing. Dari situ,saya juga kerap mendengar pertanyaan-pertanyaan yang datang dari seluruh Nusantara, mulai dari Aceh hingga Papua. Rata-rata,
Mereka mempertanyakan seputar bagaimana mengawali untuk menjadi seorang Wiraswasta
mandiri," ujar cowok kelahiran 25 Agustus, 22 tahun silam.

There must be blesseid in disguise, adalah ungkapan selanjutnya untuk perjalanan hidup trainer dan wiraswastawan muda ini. Pada 2010 ia mengaku perusahaan yang bergerak di bidang trading dan proniotik miliknya sempat limbung. Karena terlalu lelah bekerja dan mondar-mandir
saat itu ia juga sempat jatuh sakit dan sempat bedrest. Saat itulah, muncul ide untuk merangkum semua jawaban dari pertanyaan yang datang dari 33 provinsi tersebut. Maka, ia pun rnenyusun buku berjudul
" Treelionaire : Rahasia S ukses Mahasiswa Mandiri.”

Saya menyelesaikan buku treelionaire ini dalam waktu 3 malam 4 hari, saat saya jatuh sakit itu, ujar cowok yang juga mendapatkan beasiswa di bidang manajemen dari kampusnya. Ia menjelaskan, inti dari buku
Treelionaire itu adalah bagaimana bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang, menjadi kaya raya dan juga bahagia. Setetah ia menulis buku  yang sebetulnya belum terbit secara resmi, namun telah dicetak beberapa kali ini, Heru pun melakukan roaddshow ke kota-kota di Indonesia untuk menyebarkan virus menjadi orang sukses, di antaranya di Lampung, Banten, Jakarta dan beberapa kota di Jateng
dan Jatim.

"Dari semua roadshow yang telah saya jalani sebetulnya semuanya berkean. Namun yang paling berkesan adalah setiap kali saya roadshow, lalu setelah itu mereka yang saya bagi tips dan trik juga ikut berhasil. Itu
kebahagian tersendiri bagi saya. seperti yang ada di Lampung & Tasikmalaya dan Jqgjal”, aku Komisaris Utama CV Sarana Sukses Khatulistiwa (CV SSK) ini. 


Nurul Pratidina (Radar Semarang)

1 komentar: