Sabtu, 28 Mei 2011

SEPUTAR KITA

Di antara 

23.664 Calon Mahasiswa Ikuti SNMPTN

ada alumni SMA 5 Semarang

SEMARANG, 28/5/11- Sebanyak 23.664 pendaftar atau calon mahasiswa akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis untuk wilayah Semarang, Selasa-Rabu (31/5-1/6) mendatang. 

Waspadai kemacetan

Panitia lokal (Panlok) 42 Semarang mengimbau supaya para peserta menghindari beberapa titik rawan kemacetan menuju Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Diponegoro (Undip) pada hari H pelaksanaan.

Ketua Panlok 42 SNMPTN Agus Wahyudin mengatakan, panitia mempersiap 45 lokasi di antaranya kampus Unnes, Undip, sejumlah SMA dan SMP se-Kota Semarang. ’’Dengan jumlah peserta yang tidak sedikit tersebut, bisa dibayangkan kalau pagi itu mereka harus berangkat bersamaan dengan yang pergi ke sekolah atau tempat kerja. Sehingga, ada beberapa titik yang harus dihindari atau dipertimbangkan untuk melewatinya. Misalnya Jembatan Besi Sampangan bagi yang akan menuju Unnes dan pertigaan Patung Diponegoro, serta sepanjang Jalan Ngesrep Timur ke arah Undip Kampus Tembalang,’’ jelasnya, kemarin.

Namun ada jalan alternatif lain khusus ke arah Unnes. Peserta yang berasal dari Selatan dapat masuk melalui Ungaran kemudian Sumurjurang, sedangkan dari arah Barat bisa lewat Boja ke arah Sekaran. Agus mengingatkan, para peserta agar meninjau dan memastikan ruang ujian sehari menjelang pelaksanaan. ’’Peserta luar kota sebaiknya mencari tempat penginapan di dekat tempat pelaksanaan. Jangan sampai tempat ujiannya di Undip, justru menginapnya di dekat Unnes,’’ kata Pembantu Rektor I Unnes itu.

Sementara, bagi yang ujian di Unnes di sekitar kampus tersedia banyak tempat menginap bagi para peserta. Bahkan, dengan harga sewa yang relatif terjangkau, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Unnes di kompleks kampus Sekaran juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menginap.

Tempat Ujian

Sebagai catatan, sebanyak 23.664 peserta SNMPTN akan menempuh ujian tulis di beberapa tempat. Kelompok IPA akan ujian di Unnes kampus Sekaran, SMPN 13, SMA Kesatrian 1, SMA 5, dan SMA-SMK Teuku Umar. Sedangkan, Kelompok IPS di Undip Tembalang, SMP 21, dan SMP 27. Adapun kelompok IPC melaksanakan ujian di Undip Pleburan, SMA 1, SMK 2, SMP 3, SMP 32, SMP Kesatrian 1, SMA Sultan Agung 1, dan Kampus Biru SMA Gita Bahari serta STIMART AMNI.

Terpisah, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Tjuk Winarko mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di dua lokasi itu, pihaknya mengerahkan sekitar 30 personel yang terdiri atas 10 anggota Satlantas Polrestabes, 10 anggota Polsek Tembalang dan 10 personel dari Gunungpati. 

Petugas akan ditempatkan di lokasi yang rawan macet. Mereka bertugas sejak pagi hari hingga selesainya ujian tersebut. ’’Pasalnya, saat selesai ujian tentu akan kembali terjadi kemacetan. Saya mengimbau, supaya pengguna jalan, khususnya yang menuju kampus Undip dan Unnes, untuk bersabar dan jangan main serobot yang justru akan membuat kemacetan semakin parah,’’ jelas Kasatlantas. (K3,H36-79)-SEMARANG METRO28 Mei 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar