Kamis, 12 Mei 2011

MENATA HATI KUATKAN IMAN

Bagaimana Menjadi Khalifatullah ?
Oleh : Maftuhatun Nikmah
Guru Pendidikan Agama Islam SMA 5 Semarang


Al Qur'an S:2 ayat 30:
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: 
"Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Apa Arti Khalifah?
Manusia adalah titisan dari kebaikan dan kesempurnaan-Nya. Jadi manusia berkedudukan sebagai wakil atau pengganti Allah di muka bumi. Yaitu manusia yang mempunyai kemampuan untuk mengatur dan mengubah alam.


Kriteria-Kriteria Khalifatullah
Pada dasarnya manusia diciptakan Allah sebagai khalifah-Nya. Namun hal itu masih berupa potensi. Nah, agar potensi itu berkembang dan mewujud secara nyata, maka terdapat seperangkat kriteria yang harus dipenuhi sehingga manusia benar-benar menjadi khalifah Allah Ta’ala.
Kriteria-kriteria khalifah Allah itu ialah :
1. Ilmu
Untuk menjadi khalifatullah, hendaknya manusia berilmu. Manusia yang tidak berilmu, tidak bisa dikatakan sebagai khalifah Allah Ta’ala.

2. Iman dan Amal
Pada QS. An-Nur 55 Allah bejanji akan menjadikan hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal baik sebagai khalifah yang akan menguasai dan memimpin dunia. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa kriteria lain dari seorang khalifatullah adalah iman dan amal shaleh.

3. Memberi keputusan dengan benar (haqq) dan tidak mengikuti hawa nafsu
Khalifatullah di bumi hendaknya berakhlak dengan akhlak-akhlak Allah, berkehendak, bertindak sebagaimana yang Allah kehendaki dan memberi keputusan dengan keputusan Allah serta berjalan di jalan Allah.Selanjutnya dilarang mengikuti hawa nafsu, karena hawa nafsu akan menyesatkan kita dari jalan Allah.”
4. Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar

Rasulullah saww bersabda, “Barang siapa ber-amar ma’ruf dan nahi munkar, maka dia adalah khalifatullah di bumi dan khalifah kitab-Nya serta khalifah rasul-Nya.’’ (Kitab Mizan al-Hikmah, jilid 3 hal 80).


Kesimpulan
Semua manusia secara potensial diciptakan untuk menjadi khalifatullah. Namun agar potensi tersebut menjadi nyata  terdapat sejumlah kriteria yang harus dimilikinya, yaitu ilmu, iman, amal shaleh, memberi keputusan dengan benar, tidak mengikuti hawa nafsu dan ber-amar ma’ruf dan nahi munkar.

Wallau A’lam bis shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar