Minggu, 31 Juli 2011

SEPUTAR KITA

Burung Phoenix SMALA 
Memeriahkan Pawai Dugderan 2011


Semarang, Smala 31/7/11. Pawai Dugderan 2011, dalam rangka memeriahkan tradisi warga kota Semarang menyambut datangnya bulan ramadhan. Arak-arakan warak ngendhog dan mobil hias di pertontonkan kepada seluruh warga kota Semarang. Acara arak-arakan dimulai dari Balai Kota di Jalan Pemuda menuju Masjid Agung Kauman.

Dentuman beduk yang bertalu-talu dari kelompok atraksi kesenian daerah nusantara Akademi Kepolisian membuka jalannya prosesi Pawai Dugderan 2011. Demikian juga dengan genjring dan musik marching band yang bertalu-talu tak putus sepanjang pawai diarak dari halaman Balai Kota - Masjid Agung Semarang. 


SMA Negeri 5 Semarang mengirimkan 14 siswi yang mengenakan kostum pagelaran bertema Burung, Nampak menawan ketika berjalan dari depan Balaikota semarang hingga Johar. Siswi telah terlatih dan mampu berjalan dengan lenggang mengenakan pakaian burung Phoenix tersebut.



Ratusan warga, baik tua - muda, anak-anak, bahkan balita di sepanjang rute melihat iring-iringan pawai yang membawa pesan-pesan Islami.
Pesan itu memperlihatkan bahwa mulai Senin (1/8), umat muslim di Kota Semarang siap menjalankan ibadah puasa Ramadan 1432 H. Ya, arak-arakan beduk yang dikawal prajurit Kadipaten Semarang tempo dulu ini merupakan tradisi yang digelar menjelang diumumkannya keputusan tentang awal Puasa.
Tradisi yang merupakan pertanda awal pelaksanaan ibadah puasa Ramadan dimulai sejak 1881, pada masa pemerintahan Bupati Semarang RMT Aryo Purbaningrat. (KR01)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar