Senin, 18 April 2011

WARTA KAMPUS


Beginikah cara Hadziq Jauhary wartawan SM meminta maaf tanpa kata" maafkan kami"! ? SM(18/4) hal C

dari SEMARANG METRO 18 April 2011

SMA 5 Terapkan Pembelajaran Berbasis TI

SEMARANG- Untuk mempermudah proses belajar mengajar, SMA Negeri 5 Semarang menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) yang bisa diakses seluruh siswa. ”Guna mendukung sistem tersebut, kami memasang hotspot dan intranet yang dibuat sendiri oleh para guru. Sistem intranet terhubung langsung ke ponsel siswa, tetapi hanya bisa dibuka di lingkungan sekolah dengan kata kunci khusus. Dalam pembelajaran, laptop dan LCD juga dimanfaatkan secara optimal,” kata Kepala SMA 5 Drs Waino SPd MPd di ruang kerjanya, Sabtu (17/4).

Sistem pembelajaran berbasis TI tersebut, menurutnya, merupakan implementasi dari model sekolah kategori pusat sumber belajar (PSB). Beberapa model lain seperti sekolah kategori mandiri (SKM) dan program berbasis keunggulan lokal (PBKL) juga diterapkan. ”Tapi, yang paling dominan memang PSB,” imbuhnya.

Dalam intranet, tutur dia, memuat berbagai kiat metode belajar efektif bagi siswa, kiat mengerjakan tugas dari para guru secara efisien, dan beberapa lembar kerja siswa (LKS). Selain itu, dilengkapi dengan kata-kata motivasi dari para guru yang sangat berguna bagi seluruh siswa terutama yang menghadapi ujian nasional (UN).

”Dengan demikian, para siswa kelas tiga (XII) menjadi lebih siap mengerjakan UN dan tidak ada upaya melenceng yang dilakukan para siswa seperti mencari bocoran soal. Selama ini, kami juga telah mempersiapkan siswa secara penuh dan sungguh-sungguh. Aspek religi, kami tanamkan kepada siswa termasuk menekankan supaya tidak mencari bocoran,” tutur dia.

Keterangan ini sekaligus membantah informasi yang termuat SM (16/4) yang menyebutkan seorang siswa SMA ini berusaha mencari bocoran soal UN. Sistem intranet, lanjutnya, merupakan upaya rintisan untuk menyimpan seluruh dokumen siswa dan sekolah di server sekolah. ”Targetnya, tahun ini bisa diimplementasikan.” (H70-53)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar