Senin, 05 September 2011

WARTA KAMPUS

HALAL bi HALAL Keluarga Besar SMA 5 Semarang
EMPAT CIRI ORANG BERTAQWA

Semarang, smala, 05/11/11. Halal bi halal keluarga besar SMA 5 Semarang digelar di aula. Acara rutin setahun sekali mengawali hari kerja pertama setelah libur cuti bersama lebaran, tahun ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs.H.Bunyamin, M.Pd, Para Pengawas Pendidikan SMA, para mantan Kepala SMA 5 Semarang, para guru dan karyawan purnakarya, dan keluarga besar guru-karyawan yang masih aktif berdinas.

Dalam sambutannya Ka Dinas Pendidikan Kota Semarang menyampaikan pesarn agar para guru dan karyawan tetaplah dalam kebersamaan untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaian prestasi yang telah diraih selama ini. Menurutnya, bahwa SMA 5 Semarang adalah tujuan pertaman para peserta didik untuk mendaftarkan dirinya pada saat penerimaan peserta didik setiap tahunnya setelah sekolah RSBI menutup pendaftaran. Masyarakat sudah dapat menilai secara transparan bagaimana kinerja SMA 5 Semarang melalui pencapaian-pencapaian prestasinya.

Halal bi halal kali ini menghadirkan KH Iskandar Abdurrahman Al Hasani (Thio Yit Po), Sekretaris PITI Jawa Tengah, Pimpinan Pondok Pesantren Mutiara Hati Beriman Salatiga. Ustad Iskandar menyampaikan tentang 4 ciri orang beriman, sebagaimana termaktub dalam Al Qur'an Surat Ali Imran 133 sd 135 yang artinya sebagai berikut:

"Dan berseralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya, dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?, dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu, sedang mreka mengetahui".

Pada ayat-ayat tersebut Allah memberikan ciri-ciri orang yang bertaqwa, yaitu
  1. memiliki Kecerdasan Finansial (Financial Intelligence): menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,
  2. memiliki Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) : menahan amarahnya,
  3. memiliki Kecerdasan Sosial (Social Intelligence): mema'afkan (kesalahan) orang lain.
  4. memiliki Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intelligence): apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa mereka.
Akhirnya keputusan selanjutnya kembali kepada diri kita masing-masing. Semoga pelatihan yang kita laksanakan sebulan penuh di bulan Ramadhan dapat mewarnai kehidupan kita menjadi lebih baik di masa mendatang. Acaera diakhiri dengan saling jabat tangan dan ramah tamah. (KR01)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar