Selasa, 13 September 2011

WARTA KAMPUS

Catatan dari 
LOMBA BLOG SEKOLAH 
SMA/SMK SE JATENG 2011



Semarang,Smala,13/09/11- Belum lama ini Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Blog Sekolah dan Blog Guru. Dalam seleksi pertama,tercatat ada 33 peserta mewakili kota-kabupaten di Jawa Tengah. Namun dalam pelaksanaan seleksi tahap II yang hadir hanya 26 peserta, mayoritas sari SMK.

Yang menarik dalam Lomba Blog yang baru pertama kali ini diikuti oleh Koran Smala Semarang, blognya SMA 5 Semarang, adalah bahwa di antara peserta ada yang mengirimkan website sekolah, BUKAN BLOG SEKOLAH!.

Seharusnya dalam penjurian dibedakan kategorinya. Mengapa? Yang namanya blog itu gratisan, dan tentu saja kapsitasnya terbatas. Tema atau tampilan biasanya sudah disediakan oleh pemilik domain blogger-nya, bisa saja dari blogspot.com atau dari wordpress.com. atau yang lainnya.

Sementara itu yang namanya website pasti berbayar, karena sekolah harus membayar sewa domain atau hosting pada provider dengan harga bervariasi mulai ratusan sampai jutaan rupiah per tahunnya. Pembuatannya pun bisa beragam cara/metode yang digunakan, dan rancangannya luwes dan luas kapasitasnya. Ada domain/hosting dengan: (dot) com, (dot) net atau yang lain dan untuk jenjang pendidikan menengah ada berbasis portal dengan sch (dot) id, sebagaimana yang dipelopori oleh Pustekkom-Dirjen Dikmen. Belum lagi website yang berwujud dapodik.

Maka sudah seharusnya dalam penilaian dibedakan, sesuai ”ruh”nya. Dalam hal ini ada ketegasan panitia, jika memang namanya lomba blog, ya..dinilai sesuai ketentuan blogger yang mahfum sudah diketahui banyak khalayak. Jika website yang ditentukan, web yang mana basisnya portal atau bukan. Sehingga penilaian pun bisa lebih obyektif. Bukan berarti penilaian yang telah dilakukan tidak obyektif, karena itu semua peserta menyadari bahwa keputusan dewan juri tak dapat diganggu gugat !

Maklum jika terjadi banyak kekurangan karena ini adalah lomba Blog pertama kali diselenggarakan oleh BPTIKP Jateng. Akhirnya kepada para peserta silahkan menanti keputusan juri melalui websitenya BPTIKP Jateng besok pada tanggal 15 September 2011. Silahkan klik http://bptikp-jateng.net  Untuk anda yang menjadi pemenang selamat dan sebaiknya rela berbagi dan ikhlas memberi ilmunya kepada peserta yang lain. Bagi yang belum berhasil, jangan putus asa. Teruslah berlatih dan kembangkan semoga di masa datang kita bisa bertemu lagi dalam lomba blog yang sesungguhnya. (KR01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar