Kamis, 01 Agustus 2013

KAMPOENG RAMADHAN


Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim sedunia. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan yaitu adanya peristiwa turunnya Alqur’an, malam Lailatul Qadar, pahala dilipat gandakan dan dosa-dosa diampuni. Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. Kegiatan di bulan ramadhan bisa dimanfaatkan sebagai sarana mempererat tali silaturrahmi sesama muslim. Berbagai kegiatan diadakan untuk memeriahkan datangnya bulan ramadhan tetapi tidak dengan melupakan makna ramadhan itu sendiri. Karena keistimewaan bulan ini, berbagai sekolah berlomba-lomba mengadakan acara penting pada bulan ramadhan.
Rohani Islam di SMA Negeri 5 Semarang adalah salah satunya. Rohani Islam SMA Negeri 5  Semarang memanfaatkan bulan ramadhan dengan mengadakan berbagai acara menarik. Acara itu meliputi Pesantren Kilat dan Bazar Kampoeng Ramadhan. Acara ini menjadi program tahunan bagi pengurus Rohani Islam di SMA Negeri 5 Semarang. Banyak remaja yang menghabiskan waktunya di bulan ramadhan hanya sekedar untuk kumpul bersama teman sampai larut malam. Mereka tidak mengetahui keistimewaan dari bulan ramadhan itu sendiri. Nah dari sinilah pengurus Rohis SMA Negeri 5 Semarang mengadakan acara tersebut. Tema dari acara tahun ini adalah Kampoeng Ramadhan sehingga diciptakannya acara yang berkonsep kampungnya ramadhan. Oleh karena itu acara ini memiliki khas tersendiri. Kampoeng Ramadhan 2013 ini mempunyai judul “Ramadhan enlightens your way to heaven (Ramadhan menerangi jalanmu ke surga).”
           Tujuan diadakan acara ini antara lain sebagai wujud dedikasi pengurus Rohis untuk mengembangkan dakwah secara edukatif, inovatif, dan kreatif. Juga untuk membentuk karakter kemandirian siswa, meningkatkan jiwa kerohanian, serta melatih kerjasama antar siswa. Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari kepala SMA Negeri 5 Semarang. “Saya sangat bangga dengan kegiatan Rohis terutama pada kegiatan Kampoeng Ramadhan sebagai wujud menyemarakkan Ramadhan setiap tahunnya. Acara ini diharapkan bisa menjadikan siswa SMA Negeri 5 Semarang lebih memahami nilai-nilai Islam. Dengan acara ini kita juga makin dekat dengan masyarakat terutama yang kurang beruntung melalui progam buka puasa bersama anak yatim dan bakti sosial. Saya sangat berharap semoga acara ini dapat dilestarikan jangan sampai punah dan dapat terus berkembang.” Ucap bapak Waino selaku kepala SMA Negeri 5 Semarang dalam pidatonya saat pembukaan acara.
            Tahun ini bazar Kampoeng Ramadhan yang merupakan event ke empat juga dihadiri oleh alumni SMA Negeri 5 Semarang dari angkatan tahun 2009 hingga angkatan tahun 2013 untuk berbuka bersama sekaligus menyapa guru-guru dan adik kelas mereka. Bazar yang diadakan tanggal 26 dan 27 Juli ini diikuti oleh 16 stand baik dari siswa SMA Negeri 5 Semarang sendiri maupun dari luar sekolah. Dalam bazar ini juga diadakan festival da’i muda, dan parade musik religi dari siswa SMA Negeri 5 Semarang juga dari bintang tamu yaitu I5 Voice. Yang menarik dari acara ini adalah bagaimana cara pengurus Rohis menggali dana untuk menyelenggarakan event terbesar mereka dan berpikir untuk menjadikan event tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu, juga kreasi dakwah siswa saat tampil di panggung serta metode unik dari siswa yang berjualan ta’jil dalam memasarkan produknya.

          
  Pengurus dan pembina Rohis, serta pihak sekolah akan selalu bekerjasama membuat acara ini terus berkembang menjadi lebih menarik dari tahun ke tahun. (A.N.K.12) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar