Semarang,smala, 1/9/11.Mengisi liburan lebaran tahun ini tak ada salahnya jika kita berwisata bersama keluarga di kabupaten Jepara. Salah satu obyek wisatanya adalah Pantai Tirta Samudera, biasa disebut sebagai Pantai Bandengan.
pintu masuk pantai bandengan
Pintu Gerbang Masuk Pantai Bandengan
Pantai ini bernama Pantai Bandengan yang ada di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pantai yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pada musim liburan, pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.
Mas Bintang dengan Ibu dan Bapak, Ayo Dayung!

Sebutan nama Pantai Bandengan ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yand dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan.

Mas Bintang mau belajar dayung perahu
Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tirta Samudera atau Pantai Tirto Samudro yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran salah satu Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Pantai ini airnya jernih dan berpasir putih ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Jepara.

Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan mulai tahun 1987 pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, berperahu, bermain voli pantai atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.
Sunset di pantai Bandengan
Satu lagi yang menarik yakni hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai yang membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini sebenarnya tak kalah dibandingkan dengan keindahan pantai di Bali. Jika lelah dan ingin beristirahat, di Pantai Bandengan ini terdapat resort yang dapat dijadikan tempat menginap. Setelah beristirahat malam hari, pada pagi hari Anda juga dapat menikmati sajian panorama matahari terbit di Pantai Bandengan. 

Berikut ini adalah Harga Tanda Masuk Pantai Bandengan
hari biasa :
- dewasa 3000 , anak 2000.
- motor 1000, mobil 3000
kalo hari libur :
- dewasa 7000, anak 6000.
- motor 3000, mobil 5000.

Penawaran lainnya dari objek wisata ini,
banana boat 30000 / orang
kano 10000 / orang
flying fish /jet ski 135000 / 15 menit .
sewa ban 2000
nyebrang ke pulau panjang 10000 / orang / PP

Mau nyebrang ke pulau Panjang, bisa main air juga. suasananya lebih tenang, maen airnya berenang di pinggiran pantai atau bermalam sambil cari cari ikan disini, juga oke.

Pulau Panjang

Pasirnya lebih halus dan lebih putih daripada di pantai bandengan.
Ada dermaga kecil nan sederhana disini, cantik buat foto-foto. Mau keliling pulau Panjang jalan kaki? Boleh Jangan lupa bawa bekal makanan yang cukup dan yang penting adalah :

JANGAN KOTORI LINGKUNGAN PULAU !

Selamat berliburan. (K01)