Senin, 27 Juni 2011

WARTA KAMPUS


PPD SMP dan SMA Reguler Dimulai

SEMARANG - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik (PPD) jenjang SMP dan SMA Reguler di Kota Semarang mulai digelar hari ini, Senin (27/6). Para calon siswa pada jenjang tersebut dapat melakukan pendaftaran melalui online di website PPD http://ppd.disdik-kotasmg.org. Khususnya, calon siswa dari luar kota, pendaftaran online harus menghubungi call center terlebih dulu untuk konfirmasi data awal.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengungkapkan, PPD diselenggarakan 38 SMP Negeri dan 12 SMA Negeri di Semarang. Calon siswa dapat mendaftarkan melalui online di mana saja, mulai 27-30 Juni 2011.

Sementara, hari berikutnya, mereka bisa datang ke sekolah yang dituju untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi pada 28 Juni-2 Juli 2011.

''Namun, bagi pendaftar dari luar Kota Semarang/luar Jawa Tengah yang melakukan pendaftaran harus menghubungi (menelepon) sekolah atau call center untuk konfirmasi data awal,'' jelasnya, kemarin.

PPD kali ini tidak berbeda dari tahun sebelumnya mengenai pilihan sekolah, yakni calon siswa dari dua jenjang tersebut bisa mendaftar di dua pilihan sekolah yang diminatinya dan yang sesuai dengan nilai ujian nasional (UN). Adapun perbedaannya, yaitu pada proses verifikasi berkas dan kelengkapan data calon siswa, sekolah bertanggung jawab penuh pada hal ini.

Bunyamin menerangkan, sekolah harus bisa mengatasi jika ada masalah dari pendaftar saat verifikasi, karena mereka sudah dilatih oleh tim Dinustech yang menangani IT pada PPD tahun ini. Sementara, bagi pendaftar saat melakukan verifikasi ke sekolah harus menyiapkan beberapa hal diantaranya, Kartu NISN (Nomor NISN), Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), Kartu Keluarga (KK), Hasil cetak Formulir Pendaftaran, Formulir Cek Data Dokumen Pendaftaran, serta syarat lain seperti Seritifikat Prestasi sebagai nilai tambah.
‘’Untuk menghindari kecurangan penambahan nilai dari prestasi, lingkungan, dan kemaslahatan, calon siswa harus bisa membuktikannya. Misalnya, jika tambahannya dari prestasi, maka pendaftar yang bersangkutan akan di tes atau diuji pada saat verifikasi di sekolah,’’ katanya. (K3-61): SEMARANG METRO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar