Senin, 25 April 2011

WARTA KAMPUS : Liputan Khusus

OLEH-OLEH STUDI WISATA GURU dan KARYAWAN SMA 5 SEMARANG
KE SURABAYA dan SEKITARNYA

Meski masih penat dengan kegiatan Ujian Nasional yag diujikan terakhir hari kamis, 21 April 2011, tetapi kepenatan itu tidak begitu tanpak di wajah guru dan karyawan SMA 5 Semarang. Karena sore itu juga mereka melakukan awal perjalanan studi wisata di kota Pahlawan Surabaya dan sekitarnya.

Pukul 03 dini hari rombongan mulai memasuki penginapan. Pagi harinya target studi wisata adalah Kota Prigen dan Kota Batu Malang. Banyak hal didapt dari kunjungan ke dua lokasi. Dari kunjungan yang pertama di Taman Safari II Prigen kita menyadari dan bersyukur bahwa manusia itu tetap sebagai maklkuk paling sempurna dalam ciptanNYA. Dengan bekal karunia ilmu dan pengetahuan dan penguasaan terhadap teknologi manusia bisa menguasai makhlik ciptaan Tuhan, dari golongan hewan dan tumbuhan. Meski demikian jika terlena maka kerugian yang didapatnya.

Kunjungan ke dua di Kota Batu Malang sebuah kota kecil dibandingkan dengan Kota Semarang, tetapi mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata dan belajar.


Ada banyak yang bisa dipelajari: (1) di Jatim Park 2-BATU SECRET ZOO , kita bisa belajar banyak tentang satwa dari dalam dan luar negeri dari 5 benua. kita bsa mengenal kera yang panjang tubuhnya tak labih 30 Cm, Tikus air dengan berat 10 Kg, dari serangga sampai Mammalia.

Jika tidak puas bisa melihat museum satwa dadri berbagai zaman. Diorama yang betul-betul dibuat sesuai keadaan sebenarnya angta menarik untuk dilihat dan sebagai bahan pembelajaran sejarah, sosiologi, ekonomi, biologi, dan sains umumnya.
Dari tampilan luar Batu secret zoo sudah mencerminkan kemewahan, kebersihan dan kerapihan. Dengan Tiket Masuk Rp. 50.000 per orang (untuk masuk di Batu secret zoo dan Musium satwa) rasanya harga segitu tidak mahal. Selain Batu Secret Zoo, juga ada Pohon Inn dan Museum Satwa yang terletak di sebelah batu secret zoo. Pohon Inn adalah Hotel yg berada di dalam sebuah pohon besuarrr (kirain pohon beneran ternyata cuma pohon bohongan ). Sedangkan Museum Satwa mengingatkan kita pada bangunan Yunani Kuno, seperti Parthenon di Athena.
  • Batu Secret Zoo terletak di Jl. Oro oro Ombo, Batu – Malang.
  • Tiket = Rp. 50.000 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa)
Ketika memasuki lokasi Batu secret zoo, kami disambut dengan sepasaeng tikus air yang beratnya bisa mencapai 10 Kg, aneka monyet  lucu-lucu, ada pula tupai terbang seperti yg peliharaan-nya Aang-Air Bender 
Di batu secret zoo sudah ada plang petunjuk yang memandu kita setelah ini harus melihat apa lagi, jadi kita benar2 bisa melihat dari binatang satu ke binatang yang lain.
Ada aneka burung-burung indah, aneka kambing yg ada di luar negeri, aneka binatang buas mulai dari singa, beruang, heyna, ular sampai serangga dan insectarium, akuarium air tawar dan air laut.
Selain itu juga ada water park juga, coba deh kebayang gak berenang di ketinggian dan dinginnya kota Batu. 

Museum satwa ini sangat besar dan megah sekali tempatnya. Tampak luar museum ini mengingatkan kita pada bangunan Yunani Kuno, sepertiParthenon di Athena dengan 2 gajah besar di sisi kanan dan kiri.Udah pernah nonton film “Nigth at the museum” yg di perankan oleh Ben stiller kan ? Nah….kayak gitu deh tempatnya. Besar, Megah, Bagus, Hewan2 nya lengkap sekali.
Aneka satwa terpampang disini. mulai dari yang paling kecil hingga paling besar. Diorama ini memberi gambaran yang seakan-akan nyata tentang kehidupan satwa di habitatnya di alam liar dengan menggunakan hewan awetan murni. Ada diorama aneka jenis satwa. Mulai dari burung, serangga, binatang buas, dan beraneka macam fosil.
Lihat deh, fosil beberapa Dinosaurus ini, walau bukan asli tapi sangat menambah pengetahuan anak-anak kita bagaimana bentuk fosil sesungguhnya.
Aneka Insektarium yg kurang lebih terdiri dari 5000 jenis serangga dari berbagai penjuru, seperti Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia dan bahkan dari Pulau Madagaskar di pantai timur Afrika sangat menakjubkan, tak ketinggalan juga dari hutan Indonesia. Dari Serangga paling kecil hingga paling bedar ada disana.
Selain itu kita juga bisa menikmati fish diorama berupa diorama kehidupan bawah air. Baik kehidupan di air tawar seperti sungai, danau maupun rawa, juga di air laut di beberapa kedalaman yang berbeda-beda. Di sini pengunjung seperti dibawa di kedalaman air dan melihat langsung ikan di habitatnya. Begitu pula diorama Beruang Kutub, lengkap dengan saljunya.
Kebayang gak tuh, kalau semua diorama itu malam2 bisa hidup seperti film “Nigt at the museum” pasti seru banget tuh hehehe…..
Oh ya, tiket masuk  Museum satwa ini Free jika kita membayar tiket masuk ke Batu Secret Zoo .

(2) Malam hari di Batu Night Spectacular (BNS). Oyek rekreasi yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga Anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline. Di obyek wisata BNS ini Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana menarik, seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam.
 
Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS Batu juga didukung letaknya yang sangat strategis di daratan tinggi. Dari obyek wisata malam ini Anda bisa menikmati pemandangan malam kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana konkow Anda di beberapa kafe yang tersedia. BNS Batu juga menyiapkan beberapa wahana unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, gallery hantu, cinema empat dimensi, circuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.
 
Usai menikmati beragam wahana yang tersedia di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, silakan Anda menuju night market, ada ratusan kursi bejajar yang disediakan bagi pengunjung di areal foor court. Ada banyak pilihan menu minuman maupaun makanan di area ini. Tinggal pilih minuman dingin atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak menu yang bisa dipilih sesuia selera. Kenikmatan di food court bukan hanya pada menu makanan atau minumanya. Tapi, juga sajian yang dibeerikan saat pengunjung menikmati makanan maupun minuman. Ditengah-tengah menikmati hidangan, manajemen BNS Batu akan menyajikan show time. Ada panggung musik yang menghadirkan musik-musik terbaru.

Yang tak kalah menarik, saat show time ini adalah sajian dancing fontain (air mancur menari). Konsentrasi pengunjung pada makanan maupun minuman dijamin buyar. Tarian air mancur diiringi permainan lampu warna-warni itu mampu memaksa mata pengunjung tertuju ke liukan air. Air mancur itu terlihat cukup lihai menari mengikuti lantunan lagu. Dari lagu instrumental, pop rock, hingga dangdut koplo. 

Puas menyaksikan tarian air mancur, pengujung masih disuguhi dengan pertunjukkan outer journey (keliling angkasa luar) lewat laser show di layar raksasa. Pertunjukkan outer journey ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter di atas kita, pengunjung serasa diajak keliling angkasa. Kadang pula, kita dikagetkan dengan helicopter animasi yang seakan berjalan di atas kita.

Lelah akibat jalan-jalan di BNS dapat anda kurangi dengan pijat capek yang bertarif ekonomi di deretan counter oleh-oleh setelah keluar dari areal foor court BNS. Seru abissss !!!

Harga Tiket Masuk BNS :
Senin-Kamis 15.00-23.00 WIB Rp. 7000,- (Tidak berlaku pada Musim Liburan)
Jumat-Minggu & musim Libur 15.00-24.00 WIB Rp.10.000,-

Silahkan kalo masih ada waktu kunjungilah Batu Malang. Cari penginapan (hotel) dekat lokasi sehingga tidak sulit kalau nantinya pengunjung harus berjalan lebih dari kebiasaan sehari-hari. Selamat menikmati liburan.(KR01)dari berbagai sumber (23/4/11)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar