Senin, 04 April 2011

LIPUTAN : "Kunjungan Studi Banding SMA 5 Semarang ke SMA 1 Sewon, Bantul"

SEMARANG, Hai guys, ini adalah catatan kecil kontributor KORAN SMALA mengikuti kunjungan Studi Banding SMA 5 Semarang ke SMA 1 Sewon, Kab Bantul. Mengapa dipilih SMA 1 Sewon sebagai pilihan studi banding? Pertanyaan itu terjawab setelah kami sampai di SMA 1 Sewon, Bantul. Ternyata SMA 1 Sewon, Bantul itu salah satu SMA Model PSB yang lahir lebih dulu dibanding SMALA. Mereka memasuki tahun ke 2, sedangkan SMALA baru menapaki tahun pertama.

SMALA dengan luas tanah 7000 meter persegi, dan sebagai bangunan cagar budaya, ternyata telah mampu melayani 1080 orang siswa menempuh pelajaran dan menikmati berbagai fasilitas layanan pembelajaran, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. SMALA berbasis IT pun, tidak ketinggalan dengan SMA 1 Sewon, yang luasnya 3 hektar dan berbasis IT.

Yang sedikit berbeda adalah tampilan, SMA 1 Sewon terlihat bersih dan asri, sepanjang mata memandang kami tidak melihat sampah anorganik bekas bungkus snack atau kemasan plastik botol minuman, dan selokan di depan kelas pun bersih. Sampah telah tertampung di tempat sampah yang disediakan. Ah.. kalau begitu anak-anak SMALA pun pasti bisa!

Ayo guys, kita ciptakan perubahan jadikan SMALA BERSIH dan BERWIBAWA !
JAWARA dalam Prestasi dan Karya! (KR01)

2 komentar:

  1. SMA PSB tu SMA yang seperti apa??sama kaya SBI bukan??

    BalasHapus
  2. SMA PSB adalah sekolah model Pusat Sumber Belajar, pola pembinaan pengembangannya menitik beratkan pada peningkatan layanan pembelajaran berbasis IT. Kurikuluimnya tetap menggunakan kurikulum KTSP SMA. SMA PSB memiliki sekolah mitra PSB dibawah pengawasan Direktorat Pembinaan SMA Kemendiknas.

    SMA RSBI, adalah sekolah yang memiliki "otoritas" dalam mengelola sekolah dan tetap dibawah pengawasan Direktorat Pembinaan SMA Kemendiknas. SMA RSBI kurikulumnya sedikit berbeda karena umumnya menekankan penguasaan dua bahasa dalam layanan pembelajaran, dan SMA RSBI akan menjadi SBI manakala memenuhinkriteria yang telah ditetapkan Kemendiknas. SMA RSBI juga bisa mermitra dengan sekolah sederajat di manca negara.
    Terima kasih. (KR01)

    BalasHapus